Momentum Hari Batik Nasional 2 Oktober 2023, Yuk Kenali Sejarah dan Asal-usul Batik Cirebon

batik cirebon
Batik tulis Cirebon dengan motif Mega Mendung. Foto: Istimewa.
0 Komentar

Bahkan dalam industri mode, batik Cirebon juga digunakan sebagai bahan dalam pembuatan busana modern dan diakui sebagai salah satu produk fashion yang berkualitas.

Karakteristik batik Cirebon adalah ciri khas yang membedakan batik Cirebon dengan jenis batik lainnya. Pola dan motif yang ditemukan dalam batik Cirebon sangat khas dan unik, sehingga mudah dikenali.

Pola dan motifnya menggambarkan kekayaan alam, kebudayaan, dan kepercayaan masyarakat setempat.

Baca Juga:Pesta Gol ke Gawang Persita Tangerang, Persib Tembus 3 Besar Liga 1 2023/2024Terbaru Oktober 2023, Ini Jadwal SIM Keliling di Bandung pada Hari Senin 2 Oktober 2023, Ada di 2 Lokasi

Beberapa pola dan motif yang ditemukan dalam batik Cirebon antara lain Mega Mendung, Keratonan, Singa Barong, dan Paksi Naga Liman yang merupakan motif khas yang ditemukan dalam batik Cirebon.

Pola dan motif tersebut dibuat dengan teknik canting dan cap, yang membutuhkan keterampilan dan ketelitian yang tinggi. Bahan yang digunakan dalam produksi batik Cirebon adalah katun, sutra, dan sutra katun.

Bahan tersebut dipilih karena sifatnya yang lembut dan nyaman digunakan sehari-hari. Warna yang digunakan dalam batik Cirebon umumnya berasal dari bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan, seperti kunyit, temulawak, dan lain-lain.

Secara keseluruhan, karakteristik batik Cirebon terdiri dari pola dan motif yang unik dan khas. Teknik yang digunakan untuk menciptakan pola dan motif tersebut yang membutuhkan keterampilan dan ketelitian yang tinggi dan bahan yang digunakan dalam produksi batik Cirebon yang nyaman digunakan sehari-hari dan berasal dari bahan alami. (*)

0 Komentar