Amran Sulaiman Menteri Pertanian, Agus Subiyanto Jadi KSAD

menteri amran sulaiman
Amran Sulaiman kembali dilantik menjadi Menteri Pertanian/Ist.
0 Komentar

BERITA86.COM- Dua nama dilantik Presiden Jokowi hari ini, Rabu 25 Oktober 2023. Yakni Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian dan Letjen Agus Subiyanto menjadi KSAD atau Kepala Staf TNI Angkatan Darat.

Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian menggantikan Syahrul Yasin Limpo, politikus Partai Nasdem yang ditahan KPK dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

Sementara Letjen Agus Subiyanto dilantik Presiden Jokowi menjadi KSAD menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun.

Baca Juga:Ini Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Rabu 25 Oktober 2023, Simak Persyaratan yang Harus DibawaMengapa Ketua KPK Firli Bahuri Diperiksa di Bareskrim Polri? 

Pelantikan Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Letjen Agus Subiyanto sebagai KSAD kabarnya dilakukan oleh Presiden Jokowi pada Rabu pagi ini (25/10/2023) di Istana Negara Jakarta.

Terpilihnya Agus Subiyanto berarti sesuai dengan prediksi sehari sebelumnya, di mana banyak pengamat dan politisi menyebut Agus Subiyanto yang saat ini menduduki Wakil KSAD itu akan dilantik menggantikan Dudung Abdurachman.

Sementara yang meleset adalah prediksi mengenai kursi Menteri Pertanian. Sehari sebelumnya, para pengamat menilai kursi itu akan diberikan Presiden Jokowi kepada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurrti Yudhoyono atau AHY.

Para pengamat menyebut Partai Demokrat akan masuk kabinet, dan AHY disebut-sebut akan mengisi kursi Menteri Pertanian.

Namun, sebagaimana sumber Istana Negara menyebutkan, justru nama Amran Sulaiman lah yang akan dilantik menjadi Menteri Pertanian pada Rabu pagi ini, 25 Oktober 2023.

Amran Sulaiman bukanlah sosok baru bagi Presiden Jokowi. Ia pernah dipercaya menduduki kursi yang sama pada kepemimpinan Jokowi-Jusuf Kalla.

Kala itu, Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian mulai 27 Oktober 2014 sampai berakhirnya kabinet Jokowi-Jusuf Kalla pada 20 Oktober 2019.

Baca Juga:Pelatih Persib Syukuri 1 Poin dari Samarinda, Tak Mudah Lawan Borneo FCTak Risau Prabowo-Gibran, Hasto: Ganjar-Mahfud Lebih Visioner dan Punya Nyali

Amran Sulaiman lahir di Bone, Sulawesi Selatan, 27 April 1968. Ia mengenyam pendidikan SD hingga sarjana di kampung halamanannya di Sulawesi Selatan. SD dimulai dari SD Inpres 10 Mappesangka, Bone, hingga jenjang doktoral diselesaikan di Universitas Hasanuddin Makassar.

Di Unhas atau Universitas Hasanuddin Makassar, Amran Sulaiman mengambil pendidikan Fakultas Pertanian 1988-1993 dan S2 di kampus yang sama dengan mengambil Magister Ilmu Pertanian pada tahun 2002-2003.

Masih di Unhas, Amran Sulaiman mengambil jenjang Doktoral Ilmu Pertanian 2008-2012. Latar belakang pendidikannya disebut sejalan dengan perjalanan karir Amran, termasuk dipercaya oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri Pertanian.

0 Komentar