Boleh Gak Sih Pinjam KUR BRI Lagi Padahal yang Kemarin Belum Lunas? Ini Dia Penjelasan Aturan 2023

Pinjaman KUR BRI
Simak cara pinjam KUR BRI lagi meski pinjaman sebelumnya belum lunas. Foto: Istimewa.
0 Komentar

BERITA86.COM- Pelaku UMKM yang butuh tambahan modal usaha apakah boleh pinjam KUR BRI lagi padahal yang kemarin belum lunas?

Pertanyaan di atas tentang apakah boleh pinjam KUR BRI lagi padahal yang kemarin belum lunas mengemuka setelah banyak pelaku UMKM ingin terus mengembangkan usahanya dan butuh tambahan modal lewat pinjaman KUR BRI 2023 ini.

BRI sendiri hingga Oktober 2023 ini masih menyalurkan kredit usaha rakyat atau KUR yang menyasar para pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Baca Juga:Bikin Bangga, Siswi MAN 4 Jakarta Juara 1 Lomba KTI Batik Nasional 2023Cara Mengajukan Pinjaman 100 Juta lewat KUR BRI 2023, Ternyata Bisa Online, Simak Juga Simulasi Cicilan Per Bulannya

Pada tahun ini pemerintah menyediakan total dana KUR Rp450 triliun, di mana dari angka tersebut, BRI mendapat “bagian” Rp270 triliun yang harus disalurkan ke masyarakat, terutama pelaku UMKM.

Satu lagi yang wajib diketahui bahwa suku bunga KUR BRI 2023 berubah, di mana nasabah yang baru pertama kali melakukan pinjaman, dikenakan bunga sebesar 6% efektif per tahun untuk pinjaman di atas Rp10 juta (KUR Mikro dan KUR Kecil).

Sedangkan nasabah yang pernah meminjam lebih dari sekali, maka suku bunga yang dibebankan ke nasabah akan lebih tinggi, di mana akan naik menjadi 7% saat ambil pinjaman KUR yang kedua kalinya, lalu naik 8% untuk pinjaman yang ketiga dan seterusnya sampai ke 9%,”.

Boleh Gak Sih Pinjam KUR BRI Lagi Padahal yang Kemarin Belum Lunas? Ini Dia Penjelasan dan 7 Langkahnya

Ternyata, nasabah KUR BRI bisa lho untuk mengajukan pinjaman KUR lagi. Artinya, ini akan membuka peluang pelaku UMKM dalam mendapatkan tambahan modal usaha

Hanya saja, wajib tahu bahwa saat nasabah akan mengajukan perpanjangan pinjaman KUR BRI lagi, maka syarat utama yang harus dibawa adalah bukti angsuran bulanan.

Bukti angsuran inilah yang akan menjadi syarat utama ketika pelaku UMKM yang butuh modal usaha dan butuh pinjaman KUR BRI lagi.

Nantinya, dengan adanya bukti angsuran, maka pihak bank akan mengecek riwayat angsuran, jangka waktu, dan pinjaman masih tersisa berapa lagi.

Baca Juga:Cara Meminjam Dana Tunai di Power Cash Livin by Mandiri dengan Bunga Nol Persen dan Tenor selama 36 BulanPresiden Jokowi Minta Karakter ASN Diubah, Jangan Monoton, Jangan Terpaku Rutinitas

Dari bukti angsuran pinjaman KUR BRI, pihak bank akan mengetahui masih ada berapa sisa pinjaman yang harus dilunasi jika ingin memperpanjang pinjaman KUR BRI.

0 Komentar