Ganjar Diterima Para Kiai di Jawa Barat, Adi Prayitno: Ini akan Berpengaruh Signifikan di Pilpres 2024

Ganjar Pranowo
Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo saat berkunjung ke pesantren di Jawa Barat. Foto: Istimewa.
0 Komentar

JAKARTA, BERITA86.COM– Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo disambut baik oleh para ajengan dan kiai ketika melakukan safari politik ke berbagai pesantren di Provinsi Jawa Barat.

Sambutan baik dari para ajengan dan kiai di Jawa Barat ini dinilai akan berpengaruh signifikan terhadap Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan pengamat politik Adi Prayitno. Pertama, kata Adi Prayitno, kunjungan Ganjar ke Jawa Barat sangat wajar dilakukan.

Baca Juga:Kapolrestabes Semarang Diperiksa Terkait Kasus Pemerasan Pimpinan KPK, Apa Perannya?Inilah Daftar Pinjol Ilegal Terbaru Dirilis OJK, Ada 288 Lengkap dengan Namanya di Sini 

Jawa Barat merupakan ‘battle ground’ karena merupakan wilayah dengan jumlah pemilih terbanyak.

Karena itu, Adi menilai safari politik Ganjar di Jabar akan berpengaruh signifikan terhadap dukungan kepadanya pada perhelatan Pilpres 2024.

“Tentu Jabar signifikan, karena Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak se Indonesia,” terang Adi Prayitno dihubungi wartawan di Jakarta, Senin (9/10/2023).

Seperti diketahui, data resmi KPU terkait DPT Pemilu 2024, terdapat 204.807.222 pemilih pada Pemilu 2024. Dari jumlah tersebut, Jawa Barat menjadi provinsi dengan pemilih terbanyak sebanyak 35.714.901 pemilih.

Provinsi kedua adalah Jawa Timur dengan 31.402.838 pemilih, disusul Jawa Tengah 28.289.413 pemilih, Sumatera Utara 10.853.940 pemilih, dan Banten 8.842.646 pemilih.

Terkait kunjungan yang dilakukan ke pondok pesantren dan menemui para kiai serta ajengan, Adi menjelaskan bahwa itu tak lepas dari track record keluarga Ganjar, di mana sang istri, Siti Atikoh merupakan keturunan kiai NU yang disegani.

“Artinya memang keluarga besar Ganjar itu adalah keluarga besar kiai, keluarga besar pesantren. Jadi wajar kalau kemudian penerimaan Ganjar Pranowo di Jawa Barat signifikan,” ucapnya dalam rilis resmi yang diterima redaksi berita86.com.

Baca Juga:Ini 9 Ciri Pinjol Ilegal, Nomor 5 Jangan Sampai Terjadi pada Anda, Sudah Banyak KorbanReshuffle Kabinet: Cari Pengganti Syahrul Yasin Limpo yang Definitif, Jokowi Bilang Secepatnya

Pada beberapa kunjungan, Ganjar juga menerima amanat dari para kiai dan ajengan terkait berbagai hal. Para kiai dan ajengan menitipkan harapan, khususnya berkaitan dengan pesantren jika menjadi presiden.

Masih Mlmenurut Adi, ini tak lepas dari kepemimpinan Ganjar selama dua periode di Jawa Tengah yang erat dan dekat dengan para alim ulama. Jadi wajar jika para kiai dan ajengan di Jawa Barat menaruh harap hal itu dibawa ke tingkat nasional.

“Jadi legacy dan legitimasi politiknya cukup kuat, wajar kalau di situ mendapatkan dukungan politik dari berbagai kalangan termasuk kalangan pesantren, ulama, ustad dan para kiai,” tandasnya.

0 Komentar