HOREEE! Kereta Cepat Jakarta Bandung Masih Gratis sampai Pertengahan Oktober 2023

Kereta Cepat Jakarta Bandung
Presiden Jokowi meresmikan Kereta Cepat Jakarta Bandung, Senin 2 Oktober 2023. Foto: Setneg.
0 Komentar

BERITA86.COM- Kereta Cepat Jakarta Bandung akhirnya diresmikan Presiden Jokowi pada Senin 2 Oktober 2023.

Kabar baiknya, meski sudah resmi beroperasi setelah diresmikan Presiden Jokowi, tapi Kereta Cepat Jakarta Bandung masih gratis sampai pertengahan Oktober 2023.

Ya, pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengatakan masyarakat masih dapat mencoba KCJB dengan nama Whoosh tersebut secara gratis sampai pertengahan Oktober 2023.

Baca Juga:Inilah 11 Tanda dan Gejala Diabetes yang Wajib Anda Ketahui, Jangan AbaikanMomentum Hari Batik Nasional 2 Oktober 2023, Yuk Kenali Sejarah dan Asal-usul Batik Cirebon

“Tadi saya sampaikan masih gratis sampai pertengahan bulan (Oktober). Setelah itu nanti diputuskan bayarnya berapa, baru operasional dengan bayar,” tutur Presiden Jokowi.

Perlu diketahui, kereta dengan kecepatan 350 kilometer per jam yang diberi nama Whoosh itu adalah kereta cepat pertama di Indonesia dan juga Asia Tenggara.

Presiden Jokowi juga menjelaskan soal alasan memilih nama Whoosh sebagai nama KCJB. Ia mengatakan hal itu terinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi tersebut.

Selain itu, nama Whoosh merupakan singkatan dari waktu hemat, operasi optimal, sistem hebat.

Kepala Negara juga mengatakan bahwa KCJB adalah bentuk komitmen pemerintah dalam modernisasi transportasi massal di Tanah Air yang efisien, ramah lingkungan, dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya maupun dengan TOD (transit oriented development).

Menurut Presiden, KCJB merupakan hal baru bagi Indonesia. Ia berharap jajarannya tidak akan takut untuk belajar dan mencoba hal-hal baru dalam mengembangkan sejumlah proyek transportasi massal.

Meskipun dalam prosesnya, sambung Presiden Jokowi, akan timbul hal yang tak terduga, kesulitan, masalah, hingga ketidaksempurnaan.

Baca Juga:Pesta Gol ke Gawang Persita Tangerang, Persib Tembus 3 Besar Liga 1 2023/2024Terbaru Oktober 2023, Ini Jadwal SIM Keliling di Bandung pada Hari Senin 2 Oktober 2023, Ada di 2 Lokasi

“Pengalaman itu mahal, namun sangat berharga dan kita tidak perlu takut karena jika kita konsisten, kesalahan itu akan makin sedikit,” kata Presiden Jokowi.

“Biaya kesalahan juga akan makin menurun dan pada akhirnya biaya produksi, biaya proyek, lama-kelamaan juga akan makin rendah,” sambung Presiden Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta jajarannya untuk tetap semangat dan menerima kritik dari masyarakat sebagai bahan masukan dalam melakukan pembangunan di Tanah Air.

Hal tersebut penting sebagai bekal untuk menghasilkan pembangunan infrastruktur dan transportasi massal yang lebih baik di masa mendatang.

“Keberanian kita mencoba hal-hal yang baru memberikan kepercayaan, memberikan kita kesempatan untuk belajar kepada anak-anak bangsa,” katanya.

0 Komentar