Kemenag Cari 500 Dai untuk Wilayah 3T yang akan Bertugas saat Ramadan, Simak Kriterianya

ahmad zayadi
Direktur Penerangan Agama Islam, Ahmad Zayadi mengatakan pihaknya membuka kesempatan kepada 500 penceramah untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan di wilayah 3T pada Ramadan 1445 Hijriah/Dok Kemenag.
0 Komentar

BERITA86.COM- Kementerian Agama sedang membuka kesempatan kepada 500 penceramah. Seleksi telah dibuka sejak 10 Januari 2024 dan akan berlangsung sampai 31 Januari 2024.

Sebanyak 500 dai atau penceremah ini nantinya akan berdakwah di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) pada Ramadan 1445 H/2024 M.

Pembukaan seleksi dai atau penceramah untuk berdakwah di wilayah 3T saat Ramadan ini seperti disampaikan Direktur Penerangan Agama Islam, Ahmad Zayadi.

Baca Juga:Piala Asia 2023: Malam Ini Indonesia vs Irak, Shin Tae-yong Optimistis Pasukannya Berikan KejutanRekrutmen Dimulai Bulan Mei 2024, Daerah Diminta Segera Usulkan Kebutuhan ASN

“Kami membuka kesempatan kepada 500 penceramah untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan di wilayah 3T pada Ramadan 1445 Hijriah,” jelas Direktur Penerangan Agama Islam, Ahmad Zayadi, di Jakarta, pada Jumat 12 Januari 202.

Dijelaskan Ahmad Zayadi, pengiriman dai atau penceramah ini bertujuan memberi pelayanan keagamaan yang merata di kawasan 3T.

“Selama 2 tahun terakhir, kita rutin mengirim dai ke wilayah 3T yang manfaatnya dapat langsung dirasakan masyarakat,” kata Ahmad Zayadi.

“Termasuk pemberantasan buta aksara Alquran dan pemahaman aspek akidah dan syariat. Karenanya, ini bagian dari upaya Kemenag untuk menyapa masyarakat di wilayah 3T,” sambung Ahmad Zayadi.

Perekrutan dibuka mulai 10 hingga 31 Januari 2024. Ada dua tahap seleksi. Yaitu tahap pengumpulan berkas dan tahap wawancara.

Untuk mendaftar, calon Dai 3T dapat mengisi formulir melalui http://bit.ly/FormDaiWilayah3T2024.

Para dai yang terpilih dan dikirim ke wilayah 3T selama Ramadan, kata Ahmad Zayadi, akan mendapatkan insentif, transportasi, akomodasi, dan sertifikat.

Baca Juga:Keppres Biaya Haji 2024 Sudah Terbit, Simak Besaran dan Tahapan PelunasanRachmat Irianto Fokus Pemulihan, Jalani Program Khusus dari Tim Medis Persib

“Penugasan direncanakan berlangsung pada 1 sampai 31 Maret 2024. Kami berharap, para dai dapat meningkatkan kualitas kehidupan beragama di wilayah yang membutuhkan,” tegasnya.

Berikut Kriteria yang Harus Dmiliki Calon Dai 3T:

-Pria dengan usia 25-40 tahun

-Mampu membaca Alquran dengan baik dan hafal minimal 2 Juz

-Memahami kitab Turats/Kitab Kuning

-Bersedia ditempatkan di daerah pilihan

-Memiliki sertifikat Bimtek Penceramah Agama Islam yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama, atau sertifikat Standardisasi Dai MUI dan Ormas Islam lainnya

Demikianlah informasi mengenai seleksi calon dai atau penceramah yang akan ditempatkan di wilayah 3T saat Ramadan.

Jadi bagi Anda yang berminat untuk menjadi dai atau penceramah di wilayah 3T yang akan ditugaskan selama Ramadan, maka manfaatkanlah kesempatan ini.

0 Komentar