Ketua DPR kepada KSAD Jenderal Agus Subiyanto: Mari Jaga Netralitas Dalam Pemilu 2024

puan maharani dpr
Ketua DPR RI Puan Maharani menyambut baik pelantikan Jenderal Agus Subiyanto sebagai KSAD sekaligus berharap TNI AD menjunjung tinggi netralitas dalam Pemilu 2024/Dok DPR.
0 Komentar

BERITA86.COM- Jabatan KSAD atau Kepala Staf Angkatan Darat kini dijabat Jenderal Agus Subiyanto. Ketua DPR RI Puan Maharani menyambut baik pelantikan Agus sekaligus berharap TNI AD menjunjung tinggi netralitas dalam Pemilu 2024.

Jenderal Agus Subiyanto dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang pensiun. Pelantikan dilakukan Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu 25 Oktober 2023.

Setelah pelantikan tersebut, secara khusus Ketua DPR RI Puan berharap Jenderal Agus dapat memimpin TNI AD membantu menciptakan pelaksanaan Pemilu 2024 agar berlangsung damai.

Baca Juga:Jokowi Resmikan Bandara Mentawai, Berharap Pariwisata Surfing Makin BerkembangJadi KSAD, Agus Subiyanto Menyandang Pangkat Jenderal

“Atas nama pribadi dan atas nama DPR saya ucapkan selamat bertugas kepada Jenderal Agus Subiyanto sebagai KSAD yang baru,” ucap Puan Maharani dalam rilis resmi yang dikutip pada Kamis (26/10/2023).

“Semoga di bawah kepemimpinan Jenderal Agus, TNI AD semakin kuat, kompak dan tetap maju demi menjaga keutuhan NKRI,” lanjutnya.

Mengenai Pemilu 2024, Puan Maharani menyinggung soal peran TNI dalam demokrasi, terutama di tahun politik jelang Pemilu 2024.

Dia mengatakan walaipun TNI bertugas untuk membantu menjaga situasi kondusif pada Pemilu 2024, tapi ia mengingatkan kembali agar prajurit menjunjung tinggi netralitas.

“Prajurit TNI tidak boleh terlibat dalam politik praktis atau menjadi alat politik dari kelompok atau partai manapun. KSAD yang baru perlu memastikan bahwa semua prajurit memahami peran TNI dalam mendukung sistem demokrasi di Indonesia dan tidak terlibat dalam politik praktis,” terang Puan Maharani.

“Saya berharap KSAD Agus Subiyanto bisa menjaga anak buahnya agar netral dalam Pileg dan Pemilu mendatang. Pastikan tidak ada satupun prajurit TNI AD yang terlibat politik praktis dan tegas memberi sanksi apabila ada yang melakukan pelanggaran,” sambungnya.

Ia menegaskan bahwa politik TNI adalah politik kenegaraan sesuai tugas dan fungsinya. Ia meminta semua prajurit TNI AD bekerja dengan profesional saat membantu menjaga pelaksanaan Pemilu 2024 agar berlangsung dengan kondusif di seluruh wilayah di Tanah Air.

Baca Juga:Pilpres 2024: Prabowo-Gibran Daftar ke KPU, Sapa Pendukung dan Relawan di Indonesia ArenaAmran Sulaiman Menteri Pertanian, Agus Subiyanto Jadi KSAD

“Saya yakin Jenderal Agus Subiyanto merupakan pemimpin teladan yang dapat memberikan contoh kepada seluruh prajurit TNI AD untuk menjunjung tinggi netralitas demi terciptanya Pileg dan Pilpres 2024 yang damai dan gembira bagi masyarakat,” ujarnya.

0 Komentar