Mengenal PPIH di Tanah Suci, Ada Duo Srikandi yang Selalu Sigap Bantu Jamaah Haji di Madinah 

ppih linjam
Erni Susilowati dan Farida Mustikasari, duo srikandi PPIH yang tergabung dalam layanan Pelindungan Jamaah (Linjam) Daker Madinah/Dok Kemenag.
0 Komentar

BERITA86.COM- Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) punya peran penting selama pelaksanaan haji.

Dan, dari PPIH yang ada dan sedang bertugas di Tanah Suci, ada Erni Susilowati dan Farida Mustikasari.

Erni Susilowati dan Farida Mustikasari merupakan duo srikandi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yang tergabung dalam layanan Pelindungan Jamaah (linjam) Daker Madinah.

Baca Juga:Pemerintah Warning Platform Digital: Harus Ikut Berantas Konten Judi OnlineIni Saluran Siaran Langsung Final Liga 1 Persib vs Madura United Malam Ini

Tugasnya, memberikan pelayanan pelindungan terhadap keamanan dan kenyamanan jamaah haji Indonesia selama di Madinah.

Tim Linjam terdiri dari unsur Polri dan TNI, pria dan wanita.

Erni Susilowati sendiri kesehariannya bekerja di Mabes Polri. Pada operasional haji tahun ini, dia diberi tugas berjaga di Sektor khusus (Seksus) Nabawi.

“Biasanya berjaga di Seksus bersama petugas layanan lainnya. Kami sekuat tenaga berupaya bekerja sesuai tugas dan fungsi kami sebagai linjam,” ujar Erni Susilowati kepada Tim Media Center Haji (MCH) di salah satu sudut Area Masjid Nabawi, Sabtu (25/5/2024), dikutip dari laman resmi Kemenag.

“Mendapat amanah sebagai PPIH merupakan suatu anugerah buat saya, seperti juga dipilih Allah. Sehingga, saya merasa bertanggung jawab melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” sambung ibu anak satu itu.

Ia mengatakan, para PPIH melayani jamaah haji dengan hati.

“Terpilih menjadi pelayan tamu Allah membuat saya dapat berlama-lama di kotanya Rasulullah Madinah. Ini sungguh berkah yang teramat sangat, sekaligus menjadi ladang pahala,” tambahnya.

Erni berbagi cerita bahwa selama di Sektor Khusus Masjid Nabawi, hal yang sering ditemui adalah jamaah bingung arah kembali ke hotel.

Baca Juga:Malam Ini Final Liga 1 Persib vs Madura United, Bojan Minta Bobotoh Bikin Stadion BerisikJamaah Haji Diimbau Tunaikan Umrah setelah Cukup Beristirahat, Simak Pesan Terbaru dari Kemenag

Mereka umumnya terpisah dari rombongan saat di Nabawi. Setelah memastikan nama hotel, Erni dan petugas lainnya akan mengantarkan jemaah ke tempat menginapnya.

Pihaknya juga bertugas memantau situasi dan kondisi jemaah haji Indonesia saat berada di Madinah, sehingga tidak dirugikan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Linjam juga akan turun tangan menyelesaikan jika jamaah yang terkena persoalan terkait peraturan hukum saat berada di Tanah Suci,” terangnya.

Farida Mustikasari adalah sejawat Erni yang juga tergabung pada layanan linjam. Wanita kelahiran Kalisari ini mengaku sangat menikmati tugasnya sebagai linjam.

0 Komentar