Menhub: Mudik Lebih Awal sebelum Tanggal 5 sampai 8 April 2024

menhub dan kapolri
Menhub Budi Karya Sumadi menghadiri rakor kesiapan arus mudik 2024 yang digelar Mabes Polri/Dok Kemenhub.
0 Komentar

BERITA86.COM- Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan imbauan terkait mudik 2024.

Dalam keterangannya usai mengikuti Rakor Lintas Sektoral Kesiapan Menghadapi Idul Fitri 1445H yang digelar Mabes Polri di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin 25 Maret 2024, Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau agar Masyarakat mudik lebih awal.

Ya, pada kesempatan tersebut, Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat agar bisa melakukan perjalanan mudik lebih awal sebelum puncak arus mudik 5-8 April 2024.

Baca Juga:Sejarah Timnas Indonesia: Akhiri Kutukan 20 Tahun Tak Pernah Menang di Kandang VietnamCatat, Ini Sanksi bagi Pemudik yang Merokok di Atas Kereta Api

Tujuannya, kata Menhub, untuk menghindari kepadatan pada saat puncak arus mudik.

“Puncak mudik yang tadi disampaikan H-4, H-3 dan H-2. Di hari-hari itu akan tinggi sekali,” kata Menhub Budi Karya Sumadi.

“Oleh karenanya kita menghimbau, sebagian masyarakat yang anak-anaknya sudah libur agar bisa mudik lebih awal,” sambung Menhub.

Menhub juga mengingatkan agar masyarakat jangan menggunakan sepeda motor untuk mudik karena sangat berbahaya.

Masyarakat dapat menggunakan angkutan umum atau memanfaatkan program mudik gratis yang disediakan Kementerian Perhubungan atau instansi lain.

Kemudian Menhub memaparkan sejumlah hal yang harus mendapat perhatian dalam angkutan lebaran kali ini.

“Sejumlah titik kami harapkan bisa menjadi perhatian Polri. Pertama adalah pasar tumpah yang kerap menjadi titik masalah arus mudik, khususnya daerah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur,” katanya.

Baca Juga:Ini Para Pemain Indonesia yang Absen Lawan Vietnam pada 26 Maret 2024, Shin Tae-yong: Ada yang Cukup ParahJelang Persib vs Bhayangkara FC, Ini Daftar Harga Tiket yang Sudah Bisa Dibeli Bobotoh

“Kedua adalah terkait pengaturan kapal di Pelabuhan Sulsel, Riau, Kaltim dan Jatim, khususnya Madura. Serta dari sisi udara, Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Ngurah Rai Bali yang berpotensi lebih ramai dari biasanya agar bisa diberi perhatian lebih,” sambung Menhub Budi Karya Sumadi.

Menyikapi potensi pergerakan yang tinggi, Menhub mengatakan Kemenhub telah menyiapkan Posko Terpadu Angkutan Lebaran yang akan diselenggarakan mulai dari tanggal 3 hingga 18 April 2024 di Ruang Mataram Kantor Pusat Kementerian Perhubungan.

Menteri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau agar seluruh pemudik dan operator angkutan dapat memeriksa kelaikan kendaraan yang akan digunakan sebelum perjalanan.

Pemudik juga diminta agar tidak berhenti untuk beristirahat di bahu jalan tol. Selain itu, penggunaan rest area diharapkan tidak lebih dari 30 menit agar dapat bergantian dengan pemudik berikutnya.

0 Komentar