Momentum Hari Batik Nasional 2 Oktober 2023, Yuk Kenali Sejarah dan Asal-usul Batik Cirebon

batik cirebon
Batik tulis Cirebon dengan motif Mega Mendung. Foto: Istimewa.
0 Komentar

BERITA86.COM- Tepat pada hari Senin 2 Oktober 2023, bangsa Indonesia merayakan momentum Hari Batik Nasional. Dan, tepat di Hari Batik Nasional ini, rasanya kita perlu mengenal sejarah dan asal-usul batik Cirebon.

Batik Cirebon merupakan salah satu jenis batik yang sudah terkenal di Indonesia. Batik Cirebon sudah banyak dikenakan karena keunikan pola dan motifnya yang khas dan teknik pembuatannya yang unik.

Teknik canting dan cap merupakan teknik tradisional yang digunakan dalam pembuatan batik Cirebon. Dua teknik tersebut membutuhkan keterampilan dan ketelitian yang tinggi, serta waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan satu kain batik.

Baca Juga:Pesta Gol ke Gawang Persita Tangerang, Persib Tembus 3 Besar Liga 1 2023/2024Terbaru Oktober 2023, Ini Jadwal SIM Keliling di Bandung pada Hari Senin 2 Oktober 2023, Ada di 2 Lokasi

Mengenai sejarah batik Cirebon, dalam beberapa literasi tentang batik di Indonesia, disebutkan bahwa batik Cirebon berhubungan erat dengan sejarah kerajaan di Cirebon itu sendiri.

Zaman Kerajaan Cirebon pada abad ke-15 silam, batik menjadi simbol status sosial dan kekayaan. Dari sanalah, Kerajaan Cirebon pada masa itu sangat mendukung pengembangan dan pembuatan batik.

Pada masa kerajaan, para pembuat batik yang berbakat diberi dukungan dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mereka.

Lalu, seiring perubahan zaman dan berjalannya waktu, terjadi proses perubahan pada batik Cirebon. Kalau dulu hanya dikenal sebagai batik khas kerajaan, kini sudah berkembang luas dan menjadi batik yang digemari banyak masyarakat.

Dikutip dari laman Batik Salma, disebutkan bahwa pada awal abad 20, perkembangan teknologi dan globalisasi akhirnya mulai mempengaruhi batik Cirebon. Pembuat batik mulai menggunakan mesin dalam proses pembuatan batik, sehingga mempercepat proses produksi.

Dan, pada saat yang sama, batik Cirebon mulai diperkenalkan ke pasar luar negeri, sehingga meningkatkan popularitasnya. Modernisasi dan globalisasi juga pun akhirnya mempengaruhi desain batik Cirebon.

Para desainer batik mulai menciptakan desain yang lebih modern dan menarik, serta mengeksplorasi berbagai teknik baru dalam pembuatan batik. Hal ini menyebabkan batik Cirebon menjadi lebih variatif dan menarik bagi konsumen.

Baca Juga:Presiden Jokowi: Dengan Ideologi Pancasila sebagai Pondasi, Kita Bergandeng Tangan dan Tetap Bersatu Menuju Indonesia MajuSoal Tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung, Ini Kata Presiden Jokowi, Akhirnya Berapa Ya?

Batik Cirebon pun kini sudah menjadi salah satu produk unggulan daerah dan menjadi bagian penting dari budaya setempat. Batik Cirebon juga telah menjadi salah satu produk unggulan dari Indonesia dan diakui di tingkat nasional maupun internasional.

0 Komentar