Pelaku Pencurian iPad dan Laptop di Kereta Api Tawang Jaya Premium Ditangkap, Hukumannya Seumur Hidup

kereta api indonesia
PT KAI dan kepolisian bergerak cepat dan berhasil menangkap pelaku pencurian iPad dan laptop milik penumpang Kereta Api Tawang Jaya Premium relasi Semarang-Pasar Senen. Foto: Dok PT KAI-Ilustrasi.
0 Komentar

BERITA86.COM- Pihak PT KAI dan kepolisian bergerak cepat dan berhasil menangkap pelaku pencurian iPad dan laptop milik penumpang Kereta Api Tawang Jaya Premium.

Peristiwa pencurian iPad dan laptop itu terjadi Sabtu kemarin 14 Oktober 2023. Pelaku yang terekam CCTV itu beraksi mengambil laptop dan iPad milik penumpang Kereta Api Tawang Jaya Premium relasi Semarang-Pasar Senen.

Penangkapan terhadap pelaku pencurian itu dibenarkan VP Public Relations KAI Joni Martinus. Dalam keterangan resminya yang dikutip pada hari Selasa 17 Oktober 2023, Joni mengatakan pelaku pertama yang ditangkap berinisial W.

Baca Juga:Jadwal SIM Keliling Bandung Selasa 17 Oktober 2023, Ini 2 Lokasi untuk Perpanjangan SIM A dan SIM CPendaftar Calon ASN Kemenag 2023 Mencapai 169.754, Terbanyak dari Jawa Barat

Joni Martinus mengatakan bahwa W ini diamankan langsung di rumahnya di kawasan Pamulang Barat, Tangerang Selatan, pada Minggu (15/10/2023).

Sementara tersangka kedua yang berinisial I berhasil disergap dari kediamannya di Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Dijelaskan Joni Martinus, nanti jika terbukti secara hukum dan telah berkekuatan tetap, maka kedua tersangka ini akan mendapatkan sanksi tegas dari KAI.

“Jika terbukti secara hukum, keduanya akan di-blacklist seumur hidup tidak dapat melakukan perjalanan dengan seluruh moda transportasi kereta api di KAI Group,” tegas Joni Martinus.

Sebelumnya, peristiwa pencurian di kereta api itu viral di media sosial setelah korbannya mengunggah kejadian itu di akun X miliknya.

Koban KA Tawang Jaya Premium relasi Stasiun Semarang Poncol-Stasiun Pasar Senen itu memang kehilangan satu unit iPad dan laptop.

Diketahui bahwa pencurian di kereta api itu terjadi pada Sabtu, 14 Oktober 2023. Dari pengecekan kamera CCTV, diperoleh rekaman di mana tampak 2 orang pelaku terlihat mengambil tas milik korban yang ada di bawah kursi penumpang.

Baca Juga:Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung Hari Senin 16 Oktober 2023, Polrestabes Bandung Buka di 2 TempatHeboh Aksi Pencurian di Kereta Api, iPad dan Laptop Raib, PT KAI Sebut Pelaku Terekam CCTV

Tas tersebut kemudian dibawa ke bordes lalu pelaku mengganti laptop dengan buku seukuran laptop dan mengelem ritsleting tas.

Setelah itu, pelaku mengembalikan tas koban ke tempat semula. Pelaku terlihat kembali duduk di tempat duduknya. Menurut analisa, iPad penumpang juga diambil pelaku melalui bawah kursi.

Sementara itu, sebagai langkah menangkap pelaku, KAI melaksanakan pengamanan tertutup di stasiun-stasiun pemberangkatan. Terutama di Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Bekasi, dan Stasiun Pasar Senen.

0 Komentar