Presiden Jokowi Lepas Bantuan ke Palestina, Ini Rinciannya

bantuan ke palestina
Presiden Jokowi melepas bantuan kemanusiaan ke Palestina/Dok Kemenag.
0 Komentar

BERITA86.COM- Presiden Republik Indonesia, Jokowi, melepas bantuan kemanusiaan ke Palestina pada Sabtu 4 November 2023.

Bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina itu merupakan bantuan gabungan dari pemerintah Indonesia, pihak swasta, dan Baznas.

Pelepasan bantuan itu dipimpin Presiden Jokowi, langsung dari Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Baca Juga:Termasuk Marc Klok, Ini Para Pemain Persib yang Dipanggil Timnas untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026Bos Alexis, Temannya Ketua KPK, Diperiksa 12 Jam oleh Penyidik Polda Metro Jaya

Bersama pemerintah, ada tiga lembaga kemanusiaan yang menghimpun bantuan untuk warga Palestina di Gaza. Yakni Baznas, Palang Merah Indonesia (PMI), dan Humanitarian Forum Indonesia.

Bantuan kemanusian tersebut mencakup berbagai jenis kebutuhan berupa makanan dan obat-obatan, perlengkapan wanita dan anak-anak.

Juga alat penunjang disabilitas atau hygiene kit, selimut serta barang-barang lainnya yang dibutuhkan warga Palestina.

Bantuan diangkut menggunakan dua pesawat C-130 Hercules TNI Angkatan Udara dan satu pesawat Airbus sewaan.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah memberikan bantuan.

“Alhamdulillah bantuan masyarakat Indonesia akan dikirim ke Palestina. Ini adalah bantuan tahap pertama yang dikirim dengan tiga pesawat dengan berat 51,5 ton,” katanya.

“Bantuan berupa bahan makanan, peralatan medis, selimut, tenda dan kebutuhan logistik lainnya, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Gaza,” sambung Presiden Jokowi.

Baca Juga:Polisi Sita Perangkat Elektronik Kasus Pemerasan, Termasuk Handphone Syahrul Yasin LimpoEzra Walian akan Dicoba Terus di Posisi Baru, Selanjutnya Laga Persib vs Arema FC

Kepala Negara berharap, selanjutnya akan semakin banyak bantuan dari masyarakat dan dunia usaha untuk warga Palestina.

“Ini merupakan wujud solidaritas dan kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan. Tragedi kemanusiaan ini tidak bisa diterima,” katanya.

“Saya menegaskan, Indonesia akan terus bersama perjuangan bagi kemerdekaan masyarakat Palestina,” sambung Presiden Jokowi.

Secara teknis bantuan kemanusiaan dari Indonesia akan diterbangkan dari Jakarta menuju Bandara El Arish di Mesir, yang lokasinya paling dekat dengan Gaza.

Dari bandara tersebut, bantuan kemudian diserahkan kepada Bulan Sabit Merah Mesir untuk kemudian disalurkan ke Gaza melalui badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC) —dua badan kemanusiaan yang beroperasi di Gaza.

Turut hadir dalam pelepasan bantuan tersebut, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Ketua Baznas RI Prof Dr KH Noor Achmad MA.

0 Komentar