RSUP Fatmawati Sukses Transplantasi Ginjal Perdana Pasien Usia 20 Tahun, Ibu Kandung Jadi Penderma

jumpa pers
Jumpa pers RSUP Fatmawati setelah operasi transplantasi ginjal/rsup fatmawati.
0 Komentar

BERITA86.COM- RSUP Fatmawati Jakarta berhasil melakukan operasi transplantasi ginjal perdana pada Senin lalu, 22 Januari 2024.

Transplantasi ginjal adalah bagian dari program pengampuan layanan urologi-nefrologi yang digaungkan oleh Kementerian Kesehatan RI untuk memeratakan layanan kesehatan di seluruh Indonesia.

Sebelum pelaksanaan operasi transplantasi ginjal, berbagai persiapan telah dimatangkan sejak beberapa bulan yang lalu.

Baca Juga:Kemenag Gulirkan Bantuan untuk Masjid dan Musala, Simak Syarat-syaratnyaKalah dari Jepang, Indonesia Masih Bisa Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Simak Skenarionya

Persiapan mulai dari administrasi, sumber daya manusia (SDM) kesehatan, dan prasarana.

Persiapan dalam hal administrasi dan kelengkapan dokumen, RSUP Fatmawati telah mendapatkan rekomendasi dari Komite Transplantasi Nasional (KTN), dan ditetapkan sebagai rumah sakit penyelenggara transplantasi ginjal oleh Kemenkes RI.

Pasangan donor dan resipien transplantasi ginjal hari ini merupakan seorang ibu (41 tahun) yang mendonorkan ginjal kiri ke anak perempuannya (20 tahun) yang diketahui mengalami gagal ginjal sejak Oktober 2023 akibat penyakit glomerulonefritis kronik atau peradangan ginjal.

Sebelum menjalani operasi, keduanya telah menjalani pemeriksaan oleh dokter konsultan ginjal hipertensi (nefrologi).

Setelah itu, keduanya melakukan wawancara kelayakan medikolegal oleh tim hukum dan advokasi.

Setelah mendapat rekomendasi dari tim hukum dan advokasi, keduanya menjalani berbagai pemeriksaan penunjang serta konsultasi dengan spesialis dan subspesialis dari berbagai disiplin ilmu.

Anak perempuan selaku resipien juga telah menjalani serangkaian vaksinasi untuk mencegah kejadian infeksi pascatransplantasi.

Baca Juga:Malam Ini Jepang vs Indonesia, Garuda Harus Berjuang Sendiri, Jangan Ngarep Negara LainYuk Bisa Yuk! Indonesia Siap Ladeni Permainan Jepang, Laga Terakhir Grup D Piala Asia 2023

Operasi dilakukan oleh dokter spesialis urologi RSUP Fatmawati Jakarta bersama dengan dokter spesialis urologi konsultan dari RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta sebagai rumah sakit pengampu nasional.

Dokter spesialis urologi juga akan didampingi oleh dokter spesialis nefrologi, anestesi, radiologi, dan berbagai dokter spesialis lain yang tergabung dalam tim transplantasi ginjal.

Setelah operasi, pasien resipien akan dirawat selama beberapa hari sampai kondisinya dinyatakan stabil untuk kembali ke ruang perawatan biasa.

Layanan transplantasi ginjal di RSUP Fatmawati diharapkan berkesinambungan dan menjadi alternatif solusi pengobatan untuk pasien gagal ginjal karena dapat memberikan kualitas hidup dan angka harapan hidup yang lebih baik.

Plt Direktur Utama RS Fatmawati dr Mohammad Syahril SpP MPH mengatakan pelayanan transplantasi ginjal ini merupakan wujud dari transformasi kesehatan pilar pelayanan rujukan.

0 Komentar