Sejumlah Menteri Jokowi Diisukan akan Mundur, Begini Respons Pemerintah

menteri keuangan
Menteri Keuangan Sri Mulyani diisukan akan mundur dari Kabinet Jokowi/Dok Kemenkeu.
0 Komentar

BERITA86.COM- Belakangan muncul isu sejumlah menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin akan mundur. Misalnya, ada nama Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Menlu Retno Marusdi, Menhub Budi Karya Sumadi, dan lainnya.

Sebelumnya, isu sejumlah Menteri akan mundur dari Kabinet Indonesia Maju (KIM) itu disampaikan oleh ekonom senior Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri.

Pada sebuah diskusi bertajuk Political Economic Outlook 2024 yang diunggah di akun YouTube Progresif Idn pada Senin, 15 Januari 2024, Faisal Basri mengatakan Menkeu Sri Mulyani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan beberapa menteri lain siap mundur dari kabinet Jokowi.

Baca Juga:INDONESIA WAJIB MENANG! Malam Ini Lawan Vietnam pada Laga Kedua Grup D Piala Asia 2023KEREN! Ini Fasilitas Training Center PSSI di IKN, Juni 2024 Sudah Bisa Dipakai

Faisal bahkan mengatakan sejumlah menteri yang akan mundur itu kemungkinan sedang menunggu momentum saja.

“Karena mereka itu memiliki nilai-nilai yang jauh dari kepentingan politik pribadi, karena mereka bukan anggota partai,” ucapnya.

Ya, Faisal memandang bahwa para Menteri dari kalangan teknokrat itu memiliki nilai-nilai yang ingin dipertahankan. Jika dipaksa menjalankan kebijakan yang tak sesuai, Menteri itu bisa melawan, bahkan keluar dari kabinet.

Respons Pemerintah Disampaikan Melalui Menkominfo

Sementara itu, pemerintah melalui Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi membantah isu mengenai sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) Periode 2019-2024 mundur dari jabatan.

Menteri Budi Arie Setiadi menegaskan bahwa beragam informasi yang ramai beredar di ruang digital tersebut tidak benar.

“Bahwa isu mundurnya menteri bahkan jumlahnya sampai 15, terus sekarang turun jadi 5. Itu adalah isu yang sama sekali tidak benar,” tegas Menkominfo Budi Arie dalam Konferensi Pers di Pressroom Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat 19 Januari 2024.

Menteri Budi Arie menjelaskan seluruh Menteri KIM pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin tengah fokus bekerja seperti biasanya. “Kabinet Indonesia Maju tetap solid dan saat ini seluruh menteri tetap fokus, kerja fokus,” tegasnya.

Baca Juga:Hadir di 2 Lokasi, Inilah Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Kamis 18 Januari 2024Piala Asia 2023: Shayne Pattynama Sudah Bergabung, Ada Optimisme Hadapi Vietnam

Menkominfo menyatakan telah menghubungi sejumlah Menteri KIM guna memastikan informasi yang beredar tidak benar.

“Termasuk saya sudah komunikasi dengan Bu Retno (Menteri Luar Negeri) yang sudah diisukan mau mundur, beliau ini sedang mempersiapkan diri untuk debat di Dewan Keamanan PBB tentang Gaza dalam waktu ke depan ini,” ungkapnya.

0 Komentar