Sigap Antisipasi Libur Panjang Idul Adha, Menhub Apresiasi KAI

menhub budi karya sumadi
Menhub Budi Karya Sumadi didampingi Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo melakukan tinjauan pelayanan kereta api di sejumlah kota dalam rangka libur panjang Hari Raya Idul Adha/Dok KAI.
0 Komentar

BERITA86.COM- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo melakukan tinjauan pelayanan kereta api di sejumlah kota dalam rangka memantau pergerakan libur panjang Hari Raya Idul Adha.

Agenda pemantauan tersebut dilakukan di berbagai stasiun meliputi Stasiun Purwokerto, Kroya, Tegal dan Semarang Poncol, dalam kurun Jumat 14 Juni 2024 sampai Sabtu 15 Juni 2024.

“Saya bersama KAI meninjau beberapa tempat, memantau pergerakan liburan panjang akhir pekan dalam rangka Idul Adha,” kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Baca Juga:Proyek Pengendalian Rob di Semarang, Dirancang untuk Menahan Banjir Rob hingga 30 Tahun ke DepanMenhub Pastikan Kesiapan Transportasi Hadapi Libur Panjang Idul Adha dan Sekolah

“Apa yang dilakukan KAI sangat baik, sudah dipantau bahwa ada beberapa tempat yang menjadi tujuan favorit,” sambung Menhub Budi Karya Sumadi, dikutip dari laman KAI.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Menteri Perhubungan dan jajaran yang telah bersama-sama memantau musim liburan Hari Raya Idul Adha.

Sementara itu, pada periode 14 sampai 18 Juni 2024, KAI mengoperasikan 1.562 perjalanan kereta api atau rata-rata 313 perjalanan KA per hari.

“KAI mengoperasikan 30 perjalanan KA tambahan dalam masa liburan ini. Hal tersebut merupakan antisipasi KAI dalam memberikan transportasi yang terbaik bagi masyarakat selama liburan Idul Adha ini,” kata Didiek.

Lonjakan penumpang KA pada masa liburan sudah terjadi sejak Jumat, 14 Juni 2024.

Pantauan data pada Minggu (16/6), volume penumpang dari tanggal 14 sampai 16 Juni 2024 sebanyak 511.115 penumpang, atau 110,4  persen dari total kapasitas tempat duduk sebanyak 462.889 tempat duduk (ada angka penumpang dinamis.

Sebagai contoh relasi Jakarta – Surabaya, di mana ada penumpang yang dari jakarta turun di Semarang, selanjutnya ada penumpang yang naik dari Semarang menuju Surabaya, maka dihitung 1 tempat duduk adalah 2 tiket terjual).

Baca Juga:Suksesnya Eri Cahyadi Bangun Kesadaran Digital di Kota SurabayaMenteri Budi Arie Ajak Pelaku Bisnis Optimalkan Pemanfaatan AIĀ 

Angka penjualan tiket ini masih akan terus bergerak seiring dengan berlangsungnya masa long weekend.

Didiek berharap kereta api dapat tetap menjadi pilihan transportasi massal bagi masyarakat.

“Harapan kami transportasi massal dengan kereta api menjadi pilihan masyarakat untuk bertransportasi. Kita menjamin keselamatan dan ketepatan waktu,” kata Didiek.

KAI Operasionalkan KA Mutiara Timur

Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengoperasikan KA Mutiara Timur relasi Surabaya Pasar Turi – Ketapang pp.

0 Komentar