Soal Tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung, Ini Kata Presiden Jokowi, Akhirnya Berapa Ya?

naik kereta cepat
Presiden Jokowi dan rombongan saat uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung pada Rabu 13 September 2023 lalu. Foto: Muchlis Jr/BPMI Setpres.
0 Komentar

BERITA86.COM- Kereta Cepat Jakarta Bandung akan diresmikan Presiden Jokowi pada Senin, 2 Oktober 2023. Lalu, berapa tarif yang akan diberlakukan pengelola setelah kereta cepat ini beroperasi secara menyeluruh?

Sebelumnya, soal tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung, diperkirakan antara Rp250 ribu per orang atau hingga Rp300 ribu per orang. Tapi, itu masih perkiraan.

Karena, tarif resmi Kereta Cepat Jakarta Bandung akan diumumkan secara langsung saat peresemian oleh Presiden Jokowi pada Senin, 2 Oktober 2023.

Baca Juga:Selain Meresmikan Kereta Cepat Jakarta Bandung, Ini yang akan Dilakukan Presiden Jokowi di Momen Bersejarah 2 Oktober 2023Lihat Angkanya! Kebutuhan PPPK pada Seleksi CASN 2023 Didominasi Nakes dan Tenaga Pendidikan

Kembali ke soal tarif, Presiden Jokowi sudah menyinggung ini ketika mengikuti uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung pada Rabu, 13 September 2023 lalu.

Ketika itu, di hadapan media, Presiden Jokowi mengatakan bahwa tarif yang berlaku bagi masyarakat akan melalui proses kalkulasi yang matang.

Dengan demikian, kata Kepala Negara, walaupun tidak diberikan subsidi dari pemerintah, tarif KCJB Whoosh ini akan tetap terjangkau.

“Tapi apapun, yang paling penting kita ini mendorong agar masyarakat berpindah dari mobil ke transportasi massal, baik itu kereta cepat, MRT, LRT, bus,” tutur Presiden Jokowi.

perlu diketahui, saat mengikuti uji coba, Presiden mengatakan bahwa kereta cepat tersebut nyaman digunakan, bahkan ketika mencapai kecepatan maksimal 350 km/jam.

“Nyaman, dan pada kecepatan tadi 350 (km/jam) tidak terasa sama sekali, baik saat duduk maupun saat berjalan. Sehingga inilah peradaban, kecepatan,” ujar Presiden Jokowi.

ia pun berharap kehadiran moda transportasi kereta cepat tersebut dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berpindah dari penggunaan mobil pribadi ke transportasi umum.

Baca Juga:Kapolri Lantik Kapolda Aceh dan Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 4 Pati Polri, Ini Daftar NamanyaSudah Daftar Belum? Kemenkes Buka 169.094 Formasi, Ada Posisi yang Wajib STR

Hal tersebut penting dalam rangka mengurangi kemacetan hingga polusi udara di Jakarta, Bandung, dan sekitarnya.

“Karena setiap tahun kita kehilangan karena macet di Jabodetabek dan Bandung itu sudah lebih dari Rp100 triliun,” ungkap Presiden Jokowi.

Sesuai rencana terbaru, Kereta Cepat Jakarta Bandung yang akan beroperasi dengan kecepatan hingga 350 km/h itu akan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 2 Oktober 2023.

Kereta Cepat Jakarta Bandung punya jalur sepanjang 142,3 km dengan 13 terowongan dan akan melayani 4 stasiun. Empat stasiun itu yaitu Stasiun Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

0 Komentar