Bikin Sejarah, Bojan Hodak Pelatih Asing Pertama yang Bawa Persib Juara

bojan hodak
Bikin sejarah, Bojan Hodak (Tengah) pelatih asing pertama yang bawa Persib juara/Dok Persib.
0 Komentar

BERITA86.COM- Bojan Hodak membuat Sejarah, menjadi pelatih asing pertama yang membawa Persib juara.

Ya, Bojan Hodak, pelatih asal Kroasi tersebut, berhasil membawa Persib menjuarai BRI Liga 1 2023/2024.

Pada partai puncak final championship series BRI Liga 1 2023/2024 melawan Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat, 31 Mei 2024, Bojan Hodak memimpin pasukannya menang 3-1 (unggul agregat 6-1).

Baca Juga:Luar Biasa Sambutan Persib Juara, Terima Kasih Bobotoh dan Warga Jawa BaratJuara BRI Liga 1 2023/2024: Persib Bintang Tiga

Dengan kemenangan pada partai puncak tersebut, membawa Bojan Hodak tercatat sebagai pelatih asing pertama yang mampu mengantarkan Persib menjuarai kompetisi kasta tertinggi nasional.

Pelatih asing Persib sebelumnya tak mampu mempersembahkan trofi untuk Pangeran Biru.

Para pelatih asing sebelumnya itu mulai dari Marek Janota (Polandia), Marek Andrejz Sledzianowski (Polandia), Juan Antonio Paez (Cile), Arcan Iurie Anatolievici (Moldova). 

Kemudian Daniel Darko Janackovic (Prancis/Serbia), Jovo Cuckovic (Serbia), Drago Mamic (Kroasia), Dejan Antonic (Serbia), Mario Gomez (Argentina), Robert Albert (Belanda) hingga Luis Milla (Spanyol).

Juara itu memang akhirnya datang melalui Bojan Hodak. Tangan dingin pelatih asal Kroasia tersebut berhasil memperbaiki performa dan mendongkrak motivasi pemain.

Baru menangani tim pada pekan keenam, Bojan Hodak yang ditunjuk menggantikan Luis Milla (Spanyol) berhasil mengankat posisi Persib dari peringkat 16 klasemen sementara hingga menembus championships series dan bahkan juara.

Bagi Bojan, final BRI Liga 1 2023/2024 bersama Persib merupakan partai puncak keempat beruntun dalam dalam empat tahun terakhir.

Baca Juga:Para Legenda Doakan Persib Juara, Saatnya Akhiri Penantian Selama 10 TahunMarc Klok Main, Simak Prediksi Susunan Pemain Persib untuk Lawan Madura United Malam Ini

Berbeda dengan tim sebelumnya, tahun ini dia berhasil menyelesaikannya dengan gelar juara.

Sebelum bergabung Persib, Bojan berhasil membawa tim yang dilatihnya masuk partai puncak. Kuala Lumpur City dibawanya menembus tiga final berbeda. 

Piala Malaysia 2021, Piala AFC 2022 dan Piala FA Malaysia 2023.

Jauh sebelum itu pun Bojan sukses membawa banyak tim lainnya berprestasi, termasuk bersama Tim Nasional U-19 Malaysia.

“Sebelum itu, saya juga sudah pernah banyak (membawa tim ke final). Bisa dicek di JDT, Kelantan, dan Malaysia U-19. Semuanya bisa saya bawa ke final dan itu normal,” kata Bojan Hodak, dikutip dari laman resmi Persib.

Dia tidak masalah dengan cap sebagai pelatih yang diberi keberuntungan setiap memegang tim.

0 Komentar