Grup Berat, Indonesia Jumpa Qatar dan Australia di Piala AFC U-23 2024

timnas u23
Timnas Indonesia U-23 berada di Grup A Piala AFC U-23 2024 bersama Qatar, Australia, dan Yordania/PSSI.
0 Komentar

BERITA86.COM- Proses drawing grup Piala AFC U-23 2024 yang dilakukan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di Doha, Qatar, Kamis (23/11/2023), menempatkan Indonesia di grup berat.

Ya, Timnas Indonesia U-23 berada di Grup A. Indonesia bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania. Ini bisa dibilang grup berat atau grup neraka.

Sebelum proses pengundian atau drawing, Indonesia masuk ke dalam pot 4 bersama Malaysia, Tajikistan, dan Tiongkok.

Baca Juga:Tugas Negara Selesai, 4 Pemain Kini Kembali Bela Persib dan Siap Lawan Dewa UnitedMakin Keren, Ini 2 Bandara di Papua yang Diresmikan Presiden Jokowi

Sementara pot 1 diisi Qatar, Arab Saudi, Uzbekistan, Jepang. Pot 2 terdapat Australia, Irak, Vietnam, Korea Selatan, sementara pot 3 diisi Thailand, Yordania, Uni Emirat Arab, Kuwait.

Piala AFC U-23 2024 akan digelar di Qatar pada 15 April sampai 3 Mei 2024. Sebanyak 16 tim berpartisipasi, termasuk Qatar yang lolos otomatis karena berstatus tuan rumah.

Piala AFC U-23 2024 sekaligus menjadi kualifikasi Asia untuk sepak bola Olimpiade Paris 2024. Tiga besar akan lolos ke Olimpiade.

Sedangkan tim peringkat keempat akan mengikuti Play-off melawan tim dari Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) untuk memperebutkan tiket Olimpiade.

Hasil Pembagian Grup:

Grup A: Qatar, Australia, Yordania, Indonesia

Grup B: Jepang, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Tiongkok

Grup C: Arab Saudi, Irak, Thailand, Tajikistan

Grup D: Uzbekistan, Vietnam, Kuwait, Malaysia

Sejarah, Pertama Kali bagi Indonesia

Timnas Indonesia U-23 sendiri berhasil mencetak sejarah dengan lolos untuk kali pertama ke putaran final Piala Asia U-23 di Qatar pada 2024.

Indonesia sendiri lolos ke putaran final Piala Asia U-23 di Qatar pada 2024 usai membungkam perlawanan timnas Turkmenistan 2-0.

Dua gol dicetak Ivar Jenner pada menit ke-41 dan Pratama Arhan pada menit ke-92 dalam laga kedua babak Kualifikasi Piala Asia U-23 Grup K di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (12/9/2023).

Baca Juga:Ketua Apdesi Tak Terima Organisasinya Dicatut untuk Dukung Prabowo-Gibran, Tegaskan Ada Pelanggaran HukumJelang Laga Dewa United vs Persib, Ezra Walian Sampaikan Optimisme Ini

Hasil ini membuat skuat asuhan Shin Tae-yong melenggang mulus lantaran menjadi pemuncak klasemen Grup K dengan raihan enam poin dan selisih gol 10-0.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersyukur Marselino dan kawan-kawan dapat memberikan hasil terbaik bagi Indonesia. “Alhamdulillah, kita lolos Piala Asia U-23 untuk pertamakali sepanjang sejarah. Ini bukti kalau kita bisa,” ujar Erick Thohir.

0 Komentar