Haji 2024 Dimulai: Menteri Agama Resmi Lepas Kloter Pertama JKG-01 Menuju Tanah Suci

lepas jamaah haji
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melepas jamaah haji pada Minggu dini hari, 12 Mei 2024/Kemenag.
0 Komentar

“Kami di Tanah Air mendoakan agar Bapak Ibu semua mendapatkan predikat haji mabrur. Dan doakan agar Indonesia menjadi Negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur. Aman-aman di jalan dan semoga sampai dengan selamat,” tutup Menag.

Sebelum meninggalkan pesawat, Gus Men pun menyempatkan menyapa jamaah lanjut usia (lansia) yang mendapat prioritas dengan duduk di kursi bisnis.

Tahun ini, Kementerian Agama masih mengusung tagline Haji Ramah Lansia. Ada sekitar 45.678 jamaah dengan usia 65 tahun ke atas (21,41%). 

Baca Juga:Laga Bali United vs Persib: Pindah Lokasi dan tanpa Penonton, Cek Lagi JadwalnyaCuaca Saudi Panas, Menteri Agama Ajak Jamaah Haji Jaga Kesehatan dan Kebugaran Fisik

Kemenag berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh jamaah, termasuk para jamaah lanjut usia.

Selama mengikuti bimbingan teknis, para petugas dilatih dan diingatkan agar lebih ramah dan peduli kepada jemaah, khususnya lansia.

Seluruh jamaah haji juga diajak untuk bersama memberikan kepedulian kepada para lansia yang ada dalam rombongannya.

Kemenag juga menginisiasi sejumlah Program Ramah Lansia sejak dalam negeri. Misalnya, bimbingan manasik dengan mengedapkan rukhshah (keringanan), pengkloteran dengan memprioritaskan lansia menempati kursi bisnis.

Kemudian seremoni yang singkat (maksimal 30 menit dan 2 sambutan), layanan prioritas di asrama haji dalam bentuk makan dengan menu khusus dan penempatan kamar di lantai bawah.

Sementara itu, dengan berangkatnya jamaah haji kloter pertama ini juga menandai dimulainya operasional haji 2024. (*)

0 Komentar