Menhub Apresiasi Kolaborasi Pemprov Jawa Barat Hadapi Arus Mudik 2024

menhub rapat
Suasana rapat koordinasi bersama pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait membahas kesiapan Angkutan Lebaran 2024 di wilayah Jawa Barat/Dok Kemenhub.
0 Komentar

BERITA86.COM- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan Pemprov Jawa Barat dalam penanganan arus mudik 2024.

Hal itu dikatakan Menhub Budi Karya Sumadi saat memimpin rapat koordinasi bersama pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait membahas kesiapan Angkutan Lebaran 2024 di wilayah Jawa Barat.

Rapat koordinasi kesiapan menghadapi arus mudik 2024 itu dilaksanakan di Gedung Pakuan, Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat, Bandung, Minggu 31 Maret 2024.

Baca Juga:Ini Harusnya Jadwal Main Persib, Tak Bisa Digelar karena BRI Liga 1 2023/2024 DitundaREKOR! Terbesar Sepanjang Sejarah, Kementerian PANRB Tetapkan 110.553 Formasi Kemenag

Pada kesempatan itu, Menhub Budi Karya Sumadi mengapresiasi kolaborasi yang terjalin baik antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, TNI/Polri, serta berbagai pihak dalam mengamankan dan mempersiapkan Angkutan Lebaran 2024.

“Saya senang sekali dengan kekompakan ini. Kapolda Jabar, Kakorlantas, dan Pangdam sudah menyampaikan semua strategi pengamanan dengan detail sehingga tinggal nanti dilaksanakan,” tutur Menhub Budi Karya Sumadi.

Lebih lanjut, Menhub menyampaikan hal-hal khusus yang menjadi perhatian di Jawa Barat, diantaranya, perjalanan di tol Cipali dan Cisumdawu serta potensi adanya kendaraan over dimention over load (ODOL).

“Pemudik yang parkir di bahu jalan itu akan menjadi masalah. Saya mengapresiasi rencana pendekatan persuasif dari kepolisian untuk menugaskan polwan guna menertibkan para pemudik di tol,” imbuhnya, dikutip dari laman resmi Kemenhub.

Dari data Kepolisian Daerah Jawa Barat, prediksi jumlah kendaraan keluar Jawa Barat pada periode lebaran 2024 melalui gerbang tol sebanyak 1,86 juta kendaraan.

Angka tersebut naik 5,94% dibanding periode lebaran 2023 dan meningkat 54,13 dibanding hari normal.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol.khmad Wiyagus menyampaikan, pihaknya telah mengantisipasi jumlah kendaraan yang akan memasuki wilayah hukum Polda Jabar.

Baca Juga:Masuk April 2024, KAI Kembali Operasikan 308 Perjalanan LRT JabodebekDemi Timnas Indonesia, Pekan Ke-31 BRI Liga 1 2023/2024 Ditunda

Antisipasi itu, baik melalui jalur tol maupun non tol yaitu Cipali, Cisumdawu, Jagorawi dan arteri wilayah utara maupun selatan.

“Kami akan lakukan sinergi kolaborasi dan terkoordinasi dengan stakeholder lainnya baik itu TNI, Pemda, juga beberapa elemen masyarakat yang terlibat secara langsung dalam pengamanan arus mudik maupun arus balik,” ujar Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus.

Dalam kesempatan ini, Akhmad juga menghimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan mudik gratis, baik yang disiapkan Pemda maupun Polda.

0 Komentar