Pembangunan Bandara IKN Dimulai, Pemerintah Gelontorkan Anggaran Rp4,3 Triliun

bandara ikn
Presiden Jokowi memimpin peletakan batu pertama pembangunan Bandara IKN/Setpres.
0 Komentar

BERITA86.COM- Pemerintah kebut pembangunan infrastruktur di IKN atau Ibu Kota Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Terbaru, pemerintah memulai pembangunan Bandara IKN, di mana peletakan batu pertama telah dilakukan Presiden Jokowi pada Rabu, 1 November 2023.

Pada kesempatan peletakan batu pertama tersebut, Presiden Jokowi mengatakan bandara yang dibangun tersebut memiliki peran yang sangat penting bagi kawasan IKN.

Baca Juga:Bojan Puas Persib Menang atas Madura United, tapi akan Ada Perbaikan di Laga BerikutnyaHarga BBM Turun, Ini Daftar Harga Mulai November 2023 di Seluruh Indonesia

Kepala Negara mengatakan kehadiran bandara sangat penting, mengingat makin padatnya kegiatan di kawasan IKN.

“Makin banyaknya mobilitas orang dan juga barang dari dan menuju ke IKN,” kata Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan di sela-sela peletakan batu pertama Bandara IKN.

Selain itu, masih kata Presiden Jokowi, kehadiran Bandara IKN juga akan membuat kawasan IKN semakin terbuka, konektivitas makin baik, dan makin mudah dijangkau dari manapun.

Kepala Negara juga meyakini bahwa kehadiran Bandara IKN akan meningkatkan daya saing IKN. “Saya yakin Bandara IKN ini akan meningkatkan daya saing IKN,” katanya.

“Competitiveness, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mendorong pengembangan potensi di daerah, dan mengakselerasi pembangunan IKN yang sedang kita proses,” sambung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Presiden Jokowi menjelaskan, Bandara IKN tersebut merupakan bandara khusus yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan dan mendukung konektivitas di Ibu Kota Nusantara.

Bandara IKN ini memiliki luas 347 hektare dengan landas pacu (runway) 3.000 x 45 meter, dan dapat melayani pesawat berbadan lebar.

Baca Juga:Bobotoh: Persib Sekarang seperti Perempuan, Gak Mau NgalahPertahankan Prestasi, Maluku Juara Umum Pesta Paduan Suara Gerejani Nasional 2023

“Juga dilengkapi dengan terminal seluas 7.350 meter persegi sehingga penumpang dapat dilayani dengan nyaman dan baik,” imbuhnya.

Presiden Jokowi pun menargetkan Bandara IKN yang dibangun dengan anggaran sebesar Rp4,3 triliun tersebut dapat digunakan pada pertengahan tahun 2024 dan dapat beroperasi secara penuh pada akhir tahun 2024.

“Ditargetkan akan beroperasi penuh di Desember 2024, tetapi sudah bisa dipakai nanti di bulan Juni 2024,” terang Kepala Negara.

Sementara ituy, turut mendampingi Presiden Jokowi dalam acara peletakan batu pertama Bandara IKN yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

0 Komentar