Pendafaran Sekolah Kedinasan 2024 Segera Dibuka, Simak Tahapannya di Sini

rapat kesiapan sekolah kedinasan
Kementerian PANRB menggelar rakor percepatan pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa/praja/taruna sekolah kedinasan tahun 2024/Kementerian PANRB.
0 Komentar

BERITA86.COM- Anda yang ingin menempuh pendidikan di sekolah kedinasan milik pemerintah, bersiaplah karena pendaftaran akan segera dibuka.

Dan, untuk menyiapkan langkah-langkah dan tahapan pendaftaran pada sekolah kedinasan, pemerintah sudah melakukan persiapan.

Persiapan itu seperti dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang menggelar rapat koordinasi percepatan pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa/praja/taruna sekolah kedinasan tahun 2024.

Baca Juga:Peredaran Narkoba di Kabupaten Cirebon Masih Marak, Bupati: Anak Muda Jangan Salah BergaulIndonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Shin Tae-yong: Tuhan Tahu Setiap Usaha Kita

Rapat telah dilaksanakan di Jakarta pada Rabu 24 Januari 2024. Dalam rapat itu terungkap bahwa rencananya pendaftaran sekolah kedinasan akan dibuka pada bulan Maret 2024.

Namun demikian, waktu pendaftaran pada sekolah kedinasan tersebut dapat berubah sesuai kesiapan dan dinamika yang terjadi.

Rapat sendiri dipimpin oleh Plt Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja, yang turut dihadiri Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas secara virtual.

Pada kesempatan itu, Menteri Anas mengajak putra-putri terbaik bangsa untuk mendaftar di sekolah kedinasan sesuai minat masing-masing.

Untuk itu, para calon pelamar diharapkan bisa segera mempersiapkan dokumen persyaratan yang diperlukan untuk pendaftaran.

“Pemerintah telah mendesain skema kebutuhan ini dan berharap ke depan kita bisa lahirkan calon-calon ASN yang berdedikasi, kompeten, dan inovatif dalam menyelesaikan permasalahan rakyat,” ujar Menteri Anas.

Terdapat delapan instansi yang akan membuka pendaftaran sekolah kedinasan tahun ini.

Baca Juga:KAI Luncurkan 3 KA Baru, Simak Rute, Harga Tiket, dan JadwalnyaSejarah! Indonesia Lolos Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Delapan instansi tersebut yaitu Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan.

Kemudian Kementerian Dalam Negeri, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pusat Statistik (BPS), dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Tahapan Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2024

Tahapan-tahapan yang harus dilalui, mulai dari pendaftaran, seleksi kompetensi dasar (SKD) yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

Kemudian tahapan seleksi lanjutan yang pelaksanaannya diatur oleh masing-masing sekolah kedinasan.

Untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) rencananya digelar pada bukan April 2024 hingga Mei 2024.

Pelaksanaan seleksi sekolah kedinasan pada 2024 berpedoman pada Peraturan Menteri PANRB No. 20/2021 tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga.

Aba Subagja menjelaskan pendaftaran dilakukan melalui situs Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (SSCASN-BKN), yakni sscasn.bkn.go.id.

0 Komentar