Resmi, Temulawak Telah Ditetapkan Sebagai Tanaman Obat Unggulan Indonesia

obat unggulan
Temulawak merupakan tanaman asli Indonesia telah ditetapkan sebagai tanaman obat unggulan Indonesia/Ist.
0 Komentar

BERITA86.COM- Secara resmi, temulawak yang merupakan tanaman asli Indonesia telah ditetapkan sebagai tanaman obat unggulan Indonesia.

Penetapan temulawak sebagai tanaman obat unggulan Indonesia ini disampaikan dalam pameran alat kesehatan dan farmasi dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-59 di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin yang hadir membuka kegiatan tersebut mengaku senang atas penetapan temulawak sebagai tanaman obat unggulan Indonesia.

Baca Juga:Pergerakan Masyarakat pada Libur Nataru 2023/2024 Diprediksi 107,63 Juta Orang, Naik SignifikanLepas Bantuan Tahap 2, Presiden Jokowi Tegaskan Indonesia Selalu Bersama Palestina

Wapres Ma’ruf Amin menilai penetapan ini merupakan langkah besar Indonesia untuk mendukung terwujudnya kemandirian bahan baku obat di Tanah Air.

“Saya menyambut gembira karena temulawak dinobatkan sebagai tanaman obat unggulan Indonesia,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

“Semoga ini menjadi langkah yang baik untuk mendukung pencapaian kemandirian farmasi dalam negeri,” sambung Wapres Ma’ruf Amin.

Dengan penetapan ini, Wapres Ma’ruf Amin meminta agar pengembangan dan pengelolaan temulawak sebagai obat tradisional unggulan Indonesia dijaga mutu dan kualitas, sehingga aman dikonsumsi masyarakat.

Ia juga meminta produk obat-obatan tradisional Indonesia lainnya yang telah terstandarisasi agar terus dipromosikan dan dikembangkan supaya tidak kalah dengan produk sejenis seperti ginseng dari Korea Selatan.

Di kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa penetapan temulawak sebagai tanaman obat tradisional unggulan Indonesia didasarkan pada banyaknya kandungan yang terdapat di tanaman tersebut.

Beberapa kandungannya di antaranya zat besi, vitamin, kalsium, sodium dan asam folat.

Baca Juga:Jadwal SIM Keliling Bandung per 21 November 2023, Ini Biaya Resmi yang Harus DibayarkanBolehkah ke Toilet Membawa HP yang Terinstal Alquran? Begini Penjelasannya

Selain itu, temulawak juga mengandung banyak zat aktif salah satunya kurkuminoid yang berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit hati seperti fatty liver, sirosis bahkan kanker hati.

“Penyakit fatty liver itu pengobatannya susah, tapi ada tanaman Indonesia yang bisa mengobati. Karena itu butuh antioksiden yang bernama Kurkumin,” tutur Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Ia berharap dengan penetapan ini, kedepan upaya pengembangan dan riset kandungan dalam tanaman temulawak terus dilakukan agar lebih banyak mendapatkan manfaat kesehatan yang didapatkan.

Menkes Budi Gunadi Sadikin juga berharap di tengah perkembangan riset temulawak sebagai bahan baku obat, nantinya sektor farmasi dapat membantu mempromosikan produk ini secara aktif.

0 Komentar