Selamat, Komisi I DPR Sepakati Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI

agus subiyanto panglima
Jenderal Agus Subiyanto disetujui Komisi I DPR RI untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono/Puspen TNI AD.
0 Komentar

BERITA86.COM- Proses Jenderal Agus Subiyanto menuju kursi Panglima TNI berjalan mulus. Pria yang kini menjabat KSAD itu disetujui Komisi I DPR RI untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono.

Kesepakatan Komisi I DPR RI diambil setelah prosesuji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test yang digelar pada Senin, 13 November 2023.

Jenderal Agus Subiyanto sendiri menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi I DPR dengan memaparkan visi PRIMA yang merupakan akronim dari Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif.

Baca Juga:Warga Bergerak Lawan Pencopotan Atribut Ganjar, Ramai-ramai Ikhlaskan Rumahnya untuk Baliho GanjarSudah Ditetapkan, Inilah 14 Embarkasi dan Kuota Haji 2024

“Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI,” kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid dalam konferensi pers di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Selain itu, kata Meutya Hafid, Komisi I DPR RI juga menyetujui pemberhentian dengan hormat Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Sebelumnya, Yudo Margono menjabat sebagai Panglima TNI sejak 19 Desember 2022 menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa.

“Menyetujui pemberhentian dengan hormat Laksamana TNI Yudo Margono sebagai panglima TNI serta memberikan apresiasi atas dedikasinya,” kata Meutya Hafid.

Sebelumnya, Jenderal Agus Subiyanto dilantik menjadi KSAD atau Kepala Staf Angkatan Darat menggantikan Dudung Abdurachman pada Rabu (25/10/2023).

Sepekan dilantik menjadi KSAD, nama Jenderal Agus Subiyanto kemudian diusulkan ke DPR oleh Presiden Jokowi menjadi Panglima TNI.

Anggota Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin menjelaskan bahwa meskipun Agus Subiyanto baru seminggu menjadi KSAD, ia tetap sudah memenuhi syarat untuk menjadi Panglima TNI.

Baca Juga:Ganjar Singgung Putusan MKMK, Gelisah soal Demokrasi dan Hukum di Indonesia saat IniSalut Suporter Indonesia di Piala Dunia U-17: Datang Bersih, Pulang Bersih

“Karena syarat untuk menjadi Panglima TNI itu adalah perwira aktif yang pernah atau sedang menjabat KSAD. Nah Pak Agus ini perwira aktif, dan sedang menjabat KSAD,” jelas TB Hasanuddin.

Jenderal TNI Agus Subiyanto merupakan lulusan Akmil 1991. Dia bergabung dengan Kopassus setelah lulus Akmil.

Agus Subiyanto pernah menjabat sebagai Danrem 061/Suryakencana Bogor, Danpaspampres, Pangdam III/Siliwangi.

Ini Profil Jenderal Agus Subiyanto

Pendidikan

-SDN Baros Mandiri 4 Cimahi (1974–1980)

-SMPN 2 Cimahi (1980–1983)

-SMAN 13 Bandung (1983–1986)

Pendidikan Militer

-Akademi Militer (1991)

-Sussarcab Infanteri (1991)

-Komando

-Dik Free Fall

0 Komentar