Seminggu Jadi KSAD, Jenderal Agus Subiyanto Kini Diajukan Jadi Panglima TNI Gantikan Yudo

jenderal agus subiyanto
Jenderal Agus Subiyanto diajukan oleh Presiden Jokowi untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono/TNI AD.
0 Komentar

BERITA86.COM- Pada 25 Oktober 2023, Jenderal Agus Subiyanto dilantik Presiden Jokowi menjadi KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) menggantikan Dudung Abdurachman yang masuk masa pensiun.

Kini, nama Jenderal Agus Subiyanto diajukan oleh Presiden Jokowi untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono.

Pengajuan pergantian ini karena Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sendiri akan memasuki masa pensiun mulai tanggal 1 Desember 2023.

Baca Juga:Beri Arahan kepada Penjabat Kepala Daerah, Jokowi: Jangan MemihakApakah akan Naik Lagi? Ini Harga BBM Terbaru Tanggal 30 Oktober 2023

Sementara itu, Surat Presiden atau Surpres mengenai pengajuan nama Jenderal Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI sudah disampaikan ke DPR melalui Puan Maharani.

Seperti disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana. Ia mengatakan Surpres pergantian Panglima TNI sudah disampaikan langsung kepada Ketua DPR Puan Maharani.

“Pak Mensesneg telah menyampaikan secara langsung Surpres terkait nama Panglima TNI pengganti Laksamana TNI Yudo Margono ke Ibu Ketua DPR,” jelas Ari Dwipayana dalam keterangannya kepada media, Senin 30 Oktober 2023.

“Nanti Bu Ketua DPR akan menyampaikan keterangan kepada media,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana

Terpisah, Anggota Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin mengaku sudah mendengar adanya Surpres pergantian Panglima TNI.

Mengenai aturan, di mana Agus Subiyanto baru seminggu menjadi KSAD, TB Hasanuddin mengatakan sudah memenuhi syarat jadi Panglima TNI.

“Karena syarat untuk menjadi Panglima TNI itu adalah perwira aktif yang pernah atau sedang menjabat KSAD. Nah Pak Agus ini perwira aktif, dan sedang menjabat KSAD,” jelas TB Hasanuddin.

Baca Juga:Tak Lagi Soekarno-Hatta, Persib Gunakan Bandara Kertajati untuk Pertandingan AwayIni Jadwal Pembukaan Piala Dunia U-17 di Surabaya, Ketum PSSI dan Menpora Pastikan Persiapan Sudah Melebihi 100 Persen

Jenderal TNI Agus Subiyanto merupajan merupakan lulusan Akmil 1991. Saat lulus, langsung bergabung dengan Kopassus.

Sejumlah jabatan strategis di lingkungan TNI AD pernah diduduki Agus Subiyanto. Ia pernah menjabat Danrem 061/Suryakencana Bogor, Danpaspampres, Pangdam III/Siliwangi, Wakil KSAD, dan hingga kini mengemban tugas sebagai KSAD.

Simak Profil Jenderal Agus Subiyanto

Pendidikan

-SDN Baros Mandiri 4 Cimahi (1974–1980)

-SMPN 2 Cimahi (1980–1983)

-SMAN 13 Bandung (1983–1986)

Pendidikan Militer

-Akademi Militer (1991)

-Sussarcab Infanteri (1991)

-Komando

-Dik Free Fall

-Dik PARA Madya

-Diklapa I

-Suslapa Infanteri (2000)

-Seskoad (2006)

-Susdanyon

-Susdandim

-Sesko TNI (2015)

-Lemhannas (2019)

Riwayat Jabatan

-Kasi Ops Sektor A di Timor Timur

-Danyon 22 Grup 2 Kopassus

0 Komentar