Syarat Pilpres 2024, Mabes Polri Pastikan SKCK Gibran Sudah Terbit

cawapres gibran
Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres Prabowo Subianto/Screenshot @KompasTv.
0 Komentar

BERITA86.COM- Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka akan maju di kontestasi Pilpres 2024. Ia pun sudah mengurus SKCK atau surat keterangan catatan kepolisian.

SKCK untuk Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka sudah diterbitkan oleh Mabes Polri.

Hal tersebut dibenarkan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dalam keterangannya di Jakarta Senin (23/10/2023).

Baca Juga:Jelang Persib vs PSS Sleman, Lokasi Penukaran Tiket Pertandingan Bertambah Kiai Said Ajak Santri Doakan Anies-Muhaimin: Menang Itu Wajib, Kalah Itu Haram

“SKCK atas nama Gibran sudah terbit,” terang Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan.

Meski demikian, Ahmad Ramadhan tak menjelaskan lebih jauh mengenai mengapa SKCK terhadap Gibran diterbitkan Mabes Polri.

ia hanya mengatakan SKCK Gibran ditandatangani oleh Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Pol Suntana per hari Senin (23/10/2023) pukul 09.00 WIB.

Seperti diketahui, Gibran diusung Koalisi Indonesia Maju atau KIM sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto.

Nama Gibran sebagai cawapres bahkan diumumkan langsung oleh Ketua Umum Partai Gerindra yang juga bakal calon presiden, Prabowo Subianto pada Minggu malam 22 Oktober 2023.

Partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju yang mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka adalah Gerindra, Golkar, PAN, serta dukungan parpol nonparlemen seperti Gelora.

Prabowo dan Gibran rencananya akan didaftarkan ke KPU RI pada hari terakhir pendaftaran bakal pasangan capres dan cawapres, yakni pada Rabu 25 Oktober 2023.

Baca Juga:Gibran dan AHY Santap Bubur sambil Bahas Pilpres 2024Presiden Jokowi: Santri Pilar Kekuatan Bangsa yang Sudah Ada sejak Zaman Perjuangan

Dengan majunya Gibran, maka ia telah “pecah kongsi” dengan partainya sendiri, yakni PDIP. PDIP sendiri sudah memutuskan mengusung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Menariknya, majunya Gibran sudah direstui sang ayah, Presiden Jokowi. Mengenai hal ini, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menganggap wajar Jokowi mendukung Gibran.

“Ya pastinya kalau seorang bapak akan mendukung anaknya, yang terbaik untuk anaknya,” ujar Puan Maharani di sela-sela peringatan Hari Santri Nasional 2023, di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023).

Saat yang sama, Puan juga merespons pernyataan Presiden Jokowi yang mendukung seluruh capres yang berkontestais di Pilpres 2024.

Puan mengatakan posisi Jokowi sebagai pemimpin negara yang tidak boleh ada keberpihakan.

“Ya itu memang seorang negarawan harus seperti itu, nggak menyatakan dukungan ke salah satu calon dalam kontestasi Pilpres yang akan datang,” tandas Puan Maharani.

0 Komentar