Tim Robotik MAN 1 Kota Semarang Menang Kompetisi AI Robot Challenge 2023 di Korea

tim MAN 1 kota semarang
Tim Robotik MAN 1 Kota Semarang, Jawa Tengah, meraih prestasi membanggakan dari kompetisi AI Robot Challenge 2023 (AI Mobility Challenge) Robot World 2023 di Korea/Kemenag.
0 Komentar

BERITA86.COM- Tim Robotik MAN 1 Kota Semarang, Jawa Tengah, meraih prestasi membanggakan dari kompetisi AI Robot Challenge 2023 (AI Mobility Challenge) Robot World 2023 di Korea.

Tim Robotik MAN 1 Kota Semarang, Jawa Tengah, terdiri dari Naufal Alif Mahendra, Fauzan Adzima, Citra Adinda Maharani, dan Ia Kirana Insani.

Mereka meraih Silver Award 1 dalam ajang kompetisi AI Robot Challenge 2023 (AI Mobility Challenge) Robot World 2023 di Korea.

Baca Juga:10 Pertandingan Persib tanpa Kekalahan: Bojan Hodak: Kami akan Terus MelajuDukungan Warga Depok untuk Ganjar, Didoakan Ribuan Anak Yatim untuk Jadi Presiden

Even yang berlangsung dari 11-14 Oktober 2023 ini digelar oleh PT. Racer Robotic. Tim Robotik MAN 1 Kota Semarang meraih prestasi dalam kategori AI Creative Design.

Untuk juara, mereka harus bersaing dengan tim robotik dari berbagai negara. “Ada sejumlah tahapan yang harus dilewati. Mulai merancang desain robot, mengcoding, serta mengoperasikan robot untuk menyelesaikan visi sesuai dengan prosedur,” terang Naufal Alif Mahendra di Kota Semarang, Sabtu (28/10/2023).

Naufal menceritakan, robot karya Tim MAN 1 Kota Semarang berjudul AIG (Automatic Integrated Greenhouse). Robot ini dirancang seperti rumah kaca dengan berbagai fitur canggih yang memudahkan petani dalam mengelola pertaniannya dengan lebih efisien dan berkelanjutan.

Robot tersebut memiliki kemampuan mobilitas yang dapat bergerak secara otomatis, dilengkapi dengan berbagai sensor untuk memantau kondisi pertumbuhan tanaman, termasuk kelembaban tanah, udara, dan cahaya.

“Robot ini dapat dioperasikan dan dipantau melalui antarmuka pengguna yang mudah digunakan yaitu melalui aplikasi seluler blynk,” katanya.

“Sumber energi robot ini berasal dari energi terbarukan seperti panel surya sehingga dapat mengurangi dampak polusi lingkungan,” papar Naufal.

Senada disampaikan Fauzan Adzima. Ia mengatakan robot ini dilengkapi sejumlah fitur pendukung. Pertama, Automatic Shower yang berfungsi sebagai penyiram tanaman secara otomatis.

Baca Juga:Hasil Persib vs PSS Sleman, Maung Bandung Menang 4-1 dan Naik Posisi 2Firli Bahuri Belum Bisa Tenang, akan Dipanggil Ulang oleh Polisi, Termasuk Pemeriksaan Pegawai KPK

“Fitur ini dapat diaktifkan dengan dua cara, yang pertama dengan mendeteksi media tanam yang digunakan dalam keadaan kering, cara kedua secara manual melalui IOT dari Blynk APK,” jelas Fauzan.

Kedua, Automatic Charge. Fitur ini berfungsi sebagai pengisian otomatis dari panel surya, lalu daya yang diterima dari panel surya disimpan di baterai yang digunakan untuk memberikan daya ke seluruh fitur yang ada di “AIG” (Automatic Integrated Greenhouse).

0 Komentar