Bikin Bangga, Siswi MAN 4 Jakarta Juara 1 Lomba KTI Batik Nasional 2023

Hasil karya
Gambar batik Betawi karya siswi MAN 4 Jakarta, Rafila Anindya Ahmad. Foto: Dok Kemenag.
0 Komentar

BERITA86.COM- Salah seorang siswi Madrasah Aliyan Negeri atau MAN 4 Jakarta, Rafila Anindya Ahmad, bikin bangga sekolah dan tentunya keluarga.

Bagimana tidak, Rafila Anindya Ahmad sukses dalam mengikuti lomba Karya Tulis Ilmiah atau KTI Batik Nasional 2023.

Dalam lomba Karya Tulis Ilmiah atau KTI Batik Nasional 2023 tersebut, siswi Madrasah Aliyan Negeri atau MAN 4 Jakarta, Rafila Anindya Ahmad, berhasil meraih juara pertama.

Baca Juga:Cara Mengajukan Pinjaman 100 Juta lewat KUR BRI 2023, Ternyata Bisa Online, Simak Juga Simulasi Cicilan Per BulannyaCara Meminjam Dana Tunai di Power Cash Livin by Mandiri dengan Bunga Nol Persen dan Tenor selama 36 Bulan

Lomba KTI Batik Nasional 2023 adalah salah satu dari rangkaian perayaan Hari Batik Nasional 2023 yang digelar oleh Yayasan Batik Indonesia (YBI) bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian.

Lalu, apa karya yang dihasilkan Rafila Anindya Ahmad sehingga membuatnya menjadi juara I?

Ternyata dalam lomba itu ia menulis karya ilmiah erjudul Eksplorasi Etnomatematika dan Fraktal pada Batik Betawi Terogong Serta Pengembangan Motif Secara Digital.

“Jadi dalam lomba ini, saya menulis karya ilmiah berjudul Eksplorasi Etnomatematika dan Fraktal pada Batik Betawi Terogong Serta Pengembangan Motif Secara Digital,” kata Rafila Anindya Ahmad di Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Ide penggunaan tema tersebut, kata Rafila, diawali dari rasa prihatinnya terhadap berkurangnya pengetahuan masyarakat terutama generasi muda akan makna klasik dan simbol dari batik terogong yang menggambarkan kekayaan budaya Betawi.

‚ÄúSelain mencari makna filosofis saya juga mencoba membuat desain batik Terogong yang terdiri dari ondel-ondel, mengkudu, pucuk rebung, rangkaian bunga dan gigi balang melalui media digital komputer,” tutur gadis remaja yang duduk di kelas IX ini.

Selama kurang lebih tiga minggu melaksanakan riset, Rafila didampingi langsung oleh Raliyanti sebagai pembimbing.

Baca Juga:Presiden Jokowi Minta Karakter ASN Diubah, Jangan Monoton, Jangan Terpaku RutinitasJadwal dan Lokasi SIM Keliling di Bandung Hari Rabu 4 Oktober 2023, Syarat-syarat Ini Harus Dibawa

“Kami bersyukur atas capaian yang diperoleh Rafila. Perjuangannya tidak mudah karena harus bersaing dengan siswa SMU dan sederajat dari berbagai penjuru di Indonesia,” ungkap Raliyanti, di laman resmi Kemenag yang dikutip pada Rabu (4/10/2023). S

Wah, mantap ya. Selamat Rafila Anindya Ahmad. Sudah pasti bikin bangga sekolah dan orang tua.

Harapannya, prestasi yang diraih Rafila Anindya Ahmad saat ini bisa menginspirasi generasi muda untuk terus berbuat yang positif yang membawa banyak manfaat bagi masyarakat secara luas. (*)

0 Komentar