Inilah 11 Tanda dan Gejala Diabetes yang Wajib Anda Ketahui, Jangan Abaikan

tanda dan gejala diabetes
Ada 11 tanda dan gejala diabetes yang wajib Anda ketahui. Foto: Istimewa-Ilustrasi.
0 Komentar

BERITA86.COM- Apa saja sih tanda dan gejala diabetes yang harus atau wajib diketahui? Ini harus diketahui sejak awal supaya langkah penangannya juga tepat.

Dalam dunia kesehatan, diabetes dikenal juga dengan sebutan penyakit gula (gula darah tinggi). Salah satu tanda utama dari diabetes adalah meningkatnya kadar gula darah melebihi nilai normal.

Diabetes sendiri akan terjadi saat tubuh seseorang tak lagi mampu mengambil gula ke dalam sel dan menggunakannya sebagai energi. Kondisi ini pada akhirnya menghasilkan penumpukan gula ekstra dalam aliran darah tubuh.

Baca Juga:Momentum Hari Batik Nasional 2 Oktober 2023, Yuk Kenali Sejarah dan Asal-usul Batik CirebonPesta Gol ke Gawang Persita Tangerang, Persib Tembus 3 Besar Liga 1 2023/2024

Penyakit diabetes yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan konsekuensi serius, menyebabkan kerusakan pada berbagai organ dan jaringan tubuh. Sseperti jantung, ginjal, mata, dan saraf.

Dan, Berikut 11 Tanda dan Gejala Diabetes yang Wajib Anda Ketahui

Dikutip dari laman resmi Kemenkes RI, setidaknya ada 11 tanda dan gejala diabetes. antara lain:

1. Penyembuhan Lambat

Biasanya infeksi, luka, dan memar yang tidak sembuh dengan cepat merupakan tanda diabetes lainnya. Hal ini biasanya terjadi karena pembuluh darah mengalami kerusakan akibat glukosa dalam jumlah berlebihan yang mengelilingi pembuluh darah dan arteri.

Diabetes mengurangi efisiensi sel progenitor endotel atau EPC, yang melakukan perjalanan ke lokasi cedera dan membantu pembuluh darah sembuhkan luka.

2. Infeksi jamur

“Diabetes dianggap sebagai keadaan imunosupresi,” kata Dr Collazo-Clavell menjelaskan. Hal tersebut berarti meningkatkan kerentanan terhadap berbagai infeksi, meskipun yang paling umum adalah candida dan infeksi jamur lainnya. Jamur dan bakteri tumbuh subur di lingkungan yang kaya akan gula.

3. Meningkatnya Frekuensi Buang Air Kecil

Karena sel-sel tubuh tak dapat menyerap glukosa, ginjal mencoba mengeluarkan glukosa sebanyak mungkin. Akibatnya, penderita jadi lebih sering kencing daripada orang normal dan mengeluarkan lebih dari 5 liter air kencing sehari.

Ini berlanjut bahkan di malam hari. Penderita terbangun beberapa kali untuk buang air kecil. Itu pertanda ginjal berusaha singkirkan semua glukosa ekstra dalam darah.

4. Rasa Haus Berlebihan

Baca Juga:Terbaru Oktober 2023, Ini Jadwal SIM Keliling di Bandung pada Hari Senin 2 Oktober 2023, Ada di 2 LokasiPresiden Jokowi: Dengan Ideologi Pancasila sebagai Pondasi, Kita Bergandeng Tangan dan Tetap Bersatu Menuju Indonesia Maju

Dengan hilangnya air dari tubuh karena sering buang air kecil, penderita merasa haus dan butuhkan banyak air. Rasa haus yang berlebihan berarti tubuh Anda mencoba mengisi kembali cairan yang hilang itu.

0 Komentar