Kapolri Mutasi 60 Personel, 1 Kapolda dan 2 Wakapolda Diganti, Ini Nama-namanya

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi terhadap 60 personel Pati dan pamen. Foto: Dok Kemenpora.
0 Komentar

BERITA86.COM- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar mutasi pada September 2023 ini, di mana ada 1 Kapolda dan 2 Wakapolda diganti.

Secara keseluruhan, mutasi jajaran Polri yang dilakukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ini menyentuh 60 personel.

Sebanyak 60 personel Polri yang masuk agenda mutasi kali ini, baik perwira menengah atau pamen maupun perwira tinggi atau pati.

Agenda mutasi dan rotasi jajaran Polri ini tertuang dalam dua surat telegram (ST) tertanggal 26 September 2023.

Dalam ST/2163/IX/KEP./2023 tersebut, sebanyak 35 personel dimutasi dan ST/2164/IX/KEP./2023 sebanyak 25 personel dirotasi.

Keterangan mengenai mutasi dan rotasi jajaran Polri pada September 2023 ini seperti disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan.

Dalam keterangan resminya, Ahmad Ramadhan mengatakan bahwa mutasi dan rotasi jabatan di tubuh Polri merupakan hal yang biasa.

“Mutasi dan rotasi di tubuh Polri adalah hal biasa merupakan bagian tour of duty dan penyegaran organisasi,” kata Ahmad Ramadhan dalam keterangan tertulisnya yang dikutip pada Rabu, 27 September 2023.

Nah, dalam mutasi kali ini, Kapolda Aceh sebelumnya Irjen Ahmad Haydar digantikan oleh Irjen Achmad Kartiko.

Achmad Kartiko sebelumnya menjabat sebagai Pati Baintelkam Polri yang ditugaskan sebagai Deputi Bidang Penempatan dan Perlindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI.

Sementara Irjen Ahmad Haydar memasuki masa purna tugas atau memasuki masa pensiun dari keanggotaan Polri.

Selain itu, ada 2 jabatan Wakapolda yang mengalami mutasi. Pertama Wakapolda Aceh yang sebelumnya dijabat Brigjen Syamsul Bahri digantikan oleh Kombes Pol Armia Fahmi.

Brigjen Syamsul sendiri dimutasi lantaran memasuki masa pensiun.

Selanjutnya Wakapolda NTT Brigjen Heri Sulistianto yang memasuki masa pensiun digantikan Brigjen Awi Setiyono.

Brigjen Awi saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Akademi Kepolisian.

Ada juga mutasi di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Misalnya, Kombes Susatyo Purnomo Condro dari jabatan Kasubdit V Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri dimutasi menjadi Kapolres Metro Jakarta Pusat.

Susatyo Purnomo Condro menggantikan Kombes Komarudin yang dimutasi ke Polda Jatim sebagai Dirlantas.

0 Komentar