Kereta Cepat Jakarta Bandung Diresmikan 2 Oktober 2023, Ini Tarifnya

Kereta Cepat Jakarta Bandung
Menhub Budi Karya Sumadi (dua kanan) saat mendampingi Presiden Jokowi ujicoba Kereta Cepat Jakarta Bandung, baru-baru ini. Foto: Kemenhub.
0 Komentar

BERITA86.COM- Kereta Cepat Jakarta Bandung atau KCJB Whoosh akan diresmikan pada tanggal 2 Oktober 2023.

Kepastian itu disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangan resminya di acara pembukaan Hub Space di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan peluncuran Kereta Cepat Jakarta Bandung memang secara bertahap dan hati-hati agar semua berjalan harapan semua pihak.

Baca Juga:Panglima TNI Gelar Mutasi, 38 Pati Alami Pergeseran Posisi, Ini Nama-namanyaCukup dari Rumah, Ini 9 Cara Membuat SIM Online Melalui Aplikasi

“Jadi kalau kereta cepat kita akan lakukan launching itu tanggal 2 Oktober. Ini sama seperti LRT, kita lakukannya bertahap hati-hati agar semua berjalan itu dengan baik,” kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Dia mengatakan bahwa pada saat peresmian KCJB nantinya akan diumumkan sejumlah keputusan penting. Salah satunya soal logo resmi, di mana nanti akan diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi.

“Jadi nanti datanglah tanggal 2 Oktober ada beberapa keputusan penting di situ, terutama logo akan diumumkan oleh Pak Presiden. Kita sudah tahu Whoosh, Whoosh tetapi Pak Presiden nanti yang kasih tahu (logonya),” terangnya.

Sementara mengenai tarif, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan tarifnya Rp250 ribu hingga Rp300 ribu.

Sementara soal potongan harga atau diskon harga tiket, dia mengatakan hal tersebut menjadi kewenangan pihak pengelola.

Perlu diketahui, Kereta Cepat Jakarta Bandung atau KCJB menggunakan generasi terbaru CR400AF.

Lintasan KCJB membentang sejauh 142,3 kilometer dengan 4 stasiun di sepanjang lintasan.

Empat stasiun tersebut yaitu Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar.

Baca Juga:Ini Dia Biaya Bikin SIM Terbaru Tahun 2023 serta Syarat-syaratnya, Berlaku Seluruh IndonesiaRUU ASN Memasuki Tahap Pengambilan Keputusan Tingkat I, Menteri Anas: Magang Dulu di BUMN sebelum Jadi Kepala Dinas

Stasiun Padalarang sendiri akan berfungsi sebagai stasiun pusat yang menghubungkan layanan kereta cepat dengan kereta api.

Dan, setiap stasiun akan terintegrasi dengan moda transportasi masal di setiap wilayah.

Kereta Cepat Jakarta Bandung hadir dengan desain ruang yang lebih luas dan modern.

Kereta cepat ini memiliki tiga kelas berkapasitas total mencapai 601 penumpang serta ruang khusus untuk difabel.

Tidak ada lagi kata terlambat. Dengan headway 20-30 menit, Kereta Cepat akan hadir dengan banyak pilihan waktu perjalanan.

Sehingga jarak Jakarta Bandung akan ditempuh hanya dalam waktu 36 hingga 44 menit. Perjalanan lebih singkat dan fleksibel untuk aktivitas yang lebih maksimal.

0 Komentar