Mengenal Stasiun Balapan Solo, Makin Ikonik dengan Monumen Lokomotif D 301 76 

lokomotif
Stasiun Balapan Solo yang semakin ikonik dengan Monumen Lokomotif D 301 76/Dok PT KAI.
0 Komentar

BERITA86.COM- Wajah Stasiun Solo Balapan yang ada di Kota Solo, Jawa Tengah, mengalami perubahan yang luar biasa. Stasiun ini semakin ikonik dengan hadirnya Monumen Lokomotif D 301 76.

Monumen Lokomotif D 301 76 itu diresmikan oleh KAI Daop 6 Yogyakarta sejak Sabtu, 7 Oktober 2023. Ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mempercantik lingkungan sekitar stasiun.

Peresmian monumen lokomotif ini dilakukan oleh berbagai pihak. Seperti KGPAA Mangkunagoro X GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, serta EVP Daop 6 Yogyakarta Bambang Respationo.

Baca Juga:Mengenal Lagi Kereta Ekonomi New Generation, Bikin Perjalanan Semakin NyamanGrup Berat, Indonesia Jumpa Qatar dan Australia di Piala AFC U-23 2024

KGPAA Mangkunagoro X GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo mengapresiasi apa yang dilakukan oleh KAI. Ia mengatakan bahwa KAI tak hanya perusahaan yang inovatif dan progresif dalam kemajuan transportasi kereta api, tapi juga punya komitmen untuk melestarikan sejarah.

Hadirnya Monumen Lokomotif D 301 76 di Stasiun Balapan Solo diharapkan menjadi langkah awal yang menandai kerjasama yang baik antara KAI, Pemkor Surakarta, dan Pura Mangkunegaran dalam menghidupkan kenangan masa lalu sebagai ikon Kota Solo.

Harapannya, sambung KGPAA Mangkunagoro X GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, kerjasama ini akan terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar di masa depan.

Sementara Didiek Hartantyo selaku Direktur Utama KAI menekankan hubungan erat antara Stasiun Solo Balapan dan Pura Mangkunegaran.

Dalam sejarahnya, Stasiun Balapan Solo didirikan lebih dari 150 tahun yang lalu atas inisiasi dari pemimpin Mangkunegaran Solo, KGPAA Mangkunagoro IV.

Oleh karena itu, peresmian Monumen Lokomotif D 301 76 ini menjadi kebanggaan, karena ini adalah langkah bersejarah yang diambil bersama-sama dengan KGPAA Mangkunagoro X.

Pembangunan Monumen Lokomotif ini juga merupakan inisiatif dari Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, yang berkeinginan untuk menambah satu monumen di Kota Solo.

Baca Juga:Tugas Negara Selesai, 4 Pemain Kini Kembali Bela Persib dan Siap Lawan Dewa UnitedMakin Keren, Ini 2 Bandara di Papua yang Diresmikan Presiden Jokowi

Oleh karena itu, KAI telah menghadirkan Monumen Lokomotif D 301 76 ini di Stasiun Solo Balapan, dan Walikota berterima kasih kepada Pemerintah Kota Surakarta yang turut membantu mewujudkannya.

Monumen ini ditempatkan dengan indah di halaman depan Stasiun Solo Balapan, menciptakan ikon baru yang dapat dinikmati oleh pengunjung dan pejalan kaki. Selain sebagai objek estetis, monumen ini juga memiliki tujuan edukatif.

0 Komentar