Open House Lebaran 2024 di Istana Negara: Momentum Kebersamaan dan Persatuan

open house istana negara
Presiden Jokowi tampak bersalaman dengan Wakil Presiden KH Ma\'ruf Amin pada momentum open house lebaran 2024 di Istana Negara/Dok Setkab.
0 Komentar

BERITA86.COM- Presiden Jokowi menggelar open house lebaran 2024 di Istana Negara pada Rabu, 10 April 2024.

Pada kesempatan open house lebaran 2024 itu, Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana Jokowi bersilaturahmi bersama Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, serta para kepala lembaga, menteri Kabinet Indonesia Maju, dan duta besar dalam momen Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Open house lebaran 2024 atau gelar griya tersebut menjadi ajang atau momentum untuk merenungkan nilai-nilai sosial, kebersamaan, dan harapan bagi bangsa Indonesia.

Baca Juga:Libur Singkat Rayakan Lebaran 2024, Para Pemain Persib Kini Bersiap Latihan LagiLibur Singkat Rayakan Lebaran 2024, Para Pemain Persib Kini Bersiap Latihan Lagi

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengutarakan perasaan senangnya atas sambutan luar biasa masyarakat.

Antusiasme terlihat dari antrean panjang masyarakat saat menunggu giliran bersalaman dengan Presiden Jokowi.

“Tadi saya waktu mau masuk antrenya masih panjang sekali, luar biasa sambutan dari rakyat,” kata Menko PMK Muhadjir Effendy, dikutip dari laman resmi Setkab.

Muhadjir pun memaknai Lebaran sebagai salah satu momen membuka sekat sosial antarmasyarakat untuk saling bermaafan.

Menurutnya, momentum Lebaran juga dapat memutus keengganan untuk berkomunikasi dan saling memaafkan satu sama lain.

“Momentum Lebaran itu semacam simbol sosial untuk menghilangkan sekat itu sehingga jarak, keengganan untuk berkomunikasi satu sama lain untuk mengakui kesalahannya itu jadi hilang jadi lebur makanya disebut Lebaran karena kemudian berbagai macam sekat itu lebur,” katanya.

“Dan kemudian kita sulit untuk mencari momentum seperti Lebaran ini untuk datang meminta maaf atau juga dengan terbuka memberi maaf,” lanjut Menko PMK Muhadjir Effendy.

Baca Juga:Idul Fitri 1445 Hijriyah Bareng, Dirayakan 10 April 2024Bersiap Lawan Persita Tangerang, Persib Dipastikan Full Team

Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati turut menyampaikan rasa syukur atas kegiatan gelar griya di Istana Negara tahun ini.

Dengan adanya kegiatan ini, kesempatan untuk merayakan Idul Fitiri dengan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana terbuka lebar.

“Alhamdulillah dengan open house Bapak Presiden juga memberikan kesempatan baik kepada kita semuanya baik yang bekerja langsung dengan seluruh para menteri bisa bersilaturahmi dengan Bapak Presiden dan Ibu Iriana,” katanya.

0 Komentar