Pemerasan pada Eks Mentan, 72 Orang Sudah Dimintai Keterangan, Ketua KPK Dipanggil Lagi 7 November 2023

ketua kpk
Pemeriksaan terhadap Ketua KPK Firli Bahuri terkait dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Foto: Dok KPK.
0 Komentar

BERITA86.COM- Kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo masih terus berproses di penyidik Polda Metro Jaya.

Setidaknya hingga Jumat 3 November 2023, sudah 72 orang dimintai keterangannya oleh penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Kasus pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo yang diduga dilakukan oleh pimpinan KPK ini sudah ditingkatkan statusnya menjadi penyidikan sejak hari Sabtu 7 Oktober 2023.

Baca Juga:Presiden Jokowi Lepas Bantuan ke Palestina, Ini RinciannyaTermasuk Marc Klok, Ini Para Pemain Persib yang Dipanggil Timnas untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak dalam keterangannya kepada wartawan, mengatakan hingga Jumat (3/11/2023) pihaknya meminta keterangan 67 orang saksi dan 5 orang ahli dari berbagai keahliannya masing-masing.

Lima orang ahli itu yakni ahli pidana, satu ahli kamar mikro ekspresi, dan satu ahli hukum acara. Sehingga, sejauh ini sudah 72 orang dimintai keterangan terkait kasus pemerasan tersebut.

“Sampai dengan hari Jumat tanggal 3 November 2023 sejak dimulainya penyidikan atas dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi, penyidik gabungan telah melakukan pemeriksaan terhadap 67 orang saksi,” kata Ade Safri Simanjuntak.

Tak hanya saksi yang diperiksa, pihaknya juga melibatkan sebanyak 5 orang ahli berbagai keahliannya masing-masing. “3 orang ahli pidana, satu ahli kamar mikro ekspresi, dan satu ahli hukum acara,” terang Ade Safri Simanjuntak.

Masih kata Ade Safri Simanjuntak, pihaknya juga merencanakan untuk memeriksa satu ahli hukum acara yang sedang dikoordinasikan agendanya.

“Saat ini satu tim juga telah melakukan koordinasi dengan salah satu ahli tambahan lagi, satu ahli hukum acara yang juga akan kita libatkan dalam penyidikan kasus dimaksud,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya kembali mengagendakan pemeriksaan tambahan terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

Baca Juga:Bos Alexis, Temannya Ketua KPK, Diperiksa 12 Jam oleh Penyidik Polda Metro JayaPolisi Sita Perangkat Elektronik Kasus Pemerasan, Termasuk Handphone Syahrul Yasin Limpo

Rencananya, Firli Bahuri dijadwalkan untuk diperiksa kembali terkait penyidikan kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo diduga oleh pimpinan KPK.

Sebagaimana melansir keterangan Ade Safri Simanjuntak di laman PMJ News, pemeriksaan keterangan tambahan terhadap Ketua KPK Firlu Bahuri dijadwalkan pada Selasa tanggal 7 November 2023 Pukul 10.00 WIB di ruang Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, lantai 21 Gedung Promoter.

Agenda panggilan terhadap Firli Bahuri, kata Ade, yaitu berdasarkan surat panggilan yang sudah dilayangkan ke pimpinan KPK pada hari Kamis (2/11/2023).

0 Komentar