Sudah Mei 2024, Ini Jadwal Keberangkatan Jamaah Haji Indonesia ke Tanah Suci

jamaah haji indonesia
Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Kemenag Saiful Mujab (tengah) menghadiri pelantikan PPIH Embarkasi Surabaya di Aula Muzdalifah, Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Jumat, 3 Mei 2024/Dok Kemenag.
0 Komentar

BERITA86.COM- Masuk bulan Mei 2024, berarti masuk musim haji. Dan, jamaah haji Indonesia akan segera diterbangkan ke Tanah Suci.

Pada penyelengaraan ibadah haji 2024, Indonesia akan memberangkatkan 241.000 jamaah.

Sebanyak 241.000 jamaah haji Indonesia itu terbagi dalam 554 kelompok terbang (kloter). Sebanyak 294 kloter terbang dengan Garuda Indonesia, 260 kloter dengan Saudia Airlines.

Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Kemenag Saiful Mujab saat menghadiri Pelantikan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya 1445 H/2024 M di Aula Muzdalifah, Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

Baca Juga:YUK SIAP-SIAP, Seleksi CPNS Sekolah Kedinasan Dimulai Mei 2024 dan CASN Juni, Simak RinciannyaIni Jadwal Indonesia vs Guinea, Erick Thohir: Peluang Lolos Olimpiade Paris 2024 Masih Terbuka

“Jamaah haji melalui Embarkasi Surabaya tahun ini sebanyak 106 kelompok terbang. Artinya kloter melalui Embarkasi Surabaya menjadi yang terbanyak dari total 554 kelompok terbang tahun ini,” ujar Saiful Mujab yang hadir mewakili Dirjen PHU Hilman Latief di Surabaya, Jumat, 3 Mei 2024.

“Semoga penjdwalan slot tidak ada masalah sehingga penyelengaraan haji melalui embarkasi Surabaya berjalan dengan baik,” sambungnya, dikutip dari laman resmi Kemenag.

Tahun ini, embarkasi Surabaya untuk kali pertama mengunakan layanan fast track. Menurut Saiful, layanan ini adalah sebuah penghargaan yang diberikan Pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia.

Saudi menyediakan tiga layanan fasttrack dalam Mecca Route Haji 1445 H/2024 M, yakni Bandara Djuanda Surabaya, Adi Soemarmo Solo, dan Soekarno-Hatta Tangerang, Banten.

“Hanya Indonesia yang memiliki tiga layanan fast track di dunia dalam penyelengaraan ibadah haji,” terang Saiful Mujab.

Dengan fast track, lanjut Saiful, jamaah saat turun di Madinah atau Jeddah bisa langsung menuju pemondokan. Ini tentu memberi kemudahan dan kenyamanan kepada jamaah haji Indonesia.

Ini Jadwal Keberangkatan Jamaah Haji Indonesia

Keberangkatan jamaah haji Indonesia terbagi dalam dua gelombang. Pemberangkatan gelombang pertama dijadwalkan dari 12 – 23 Mei 2024. Untuk gelombang kedua, pemberangkatan jemaah akan berlangsung dari 24 Mei – 10 Juni 2024.

Baca Juga:Pemain Persib Antusias Sambut Championship Series BRI Liga 1 2023/2024, Ini Bedanya dengan Regular SeriesMulai Mei 2024, KA Lodaya Gunakan Kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel New Generation

“Pada 12 Mei nanti ada 22 kloter yang akan menuju Tanah Suci, termasuk dari Embarkasi Surabaya. Kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemprov Jatim yang ikut berkomitmen dalam memberikan pelayanan kepada jamaah haji,” kata Saiful Mujab.

Pelantikan PPIH Embarkasi Surabaya siang itu juga dirangkai dengan Meal Test atau uji kualitas makanan yang akan disajikan untuk jamaah haji Indonesia selama dalam penerbangan menuju ke Tanah Suci dan pulang ke Tanah Air. Meal Test ini bertujuan untuk memastikan kualitas menu yang disajikan kepada jemaah.

0 Komentar