Mengenal Lagi 7 Rute yang Dialihkan dari Bandung ke Bandara Kertajati, Ini Daftarnya

bandara kertajati
Pemerintah mengalihkan penerbangan menggunakan pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, ke Bandara Kertajati, Majalengka/Dok Kemenhub.
0 Komentar

BERITA86.COM- Sejak Minggu 29 Oktober 2023, pemerintah mengalihkan penerbangan menggunakan pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, ke Bandara Kertajati, Majalengka.

Ada beberapa alasan mengapa ada peralihan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati. Salah satunya adalah untuk meningkatkan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan.

“Kita butuh runway yang lebih panjang dari Bandara Husein, supaya pesawat besar seperti Boeing 777 bisa mendarat,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca Juga:Persib Bersiap Lawan Arema FC, Tiket Sudah Dijual, Yuk Ada Potongan HargaPembangunan Bandara IKN Dimulai, Pemerintah Gelontorkan Anggaran Rp4,3 Triliun

“Sehingga penerbangan dari luar negeri baik dari Asia, Eropa, dan negara lainnya, bisa langsung mendarat di Jawa Barat. Maka itu penerbangan kita pindah dari Bandung ke Bandara Kertajati,” sambung Menhub Budi Karya Sumadi.

Seperti diketahui, Bandara Kertajati di Majalengka ini memiliki luas lahan sebesar 1.800 hektar, dengan luas terminal penumpang 121.000 meter persegi dan terminal kargo 90.000 meter persegi, serta panjang runway 3.000 meter x 60 meter.

Bandara ini diproyeksikan dapat melayani sebanyak 5,6 s.d.12 juta penumpang pertahun hingga 2024, dan diproyeksikan mencapai 29,3 juta penumpang per tahun pada 2032.

Setelah pengalihan penerbangan dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati, setiap harinya ada sebanyak 16 penerbangan dengan kapasitas tempat duduk sebesar 32.760 pax per minggu atau 4.680 pax per hari (datang dan berangkat).

“Saya mengharapkan semua stakeholder, baik itu Kementerian/Lembaga, pemerintah Daerah, Dinas Pariwisata, pelaku usaha hotel, travel, serta unsur terkait lainnya, mendukung penuh kegiatan penerbangan di Bandara Kertajati,” pesan Menhub.

“Karena, dengan semakin baiknya konektivitas diharapkan akan meningkatkan perekonomian dan potensi wisata yang akan mendorong kesejahteraan masyarakat, serta mempersatukan Indonesia,” lanjut Menhub Budi Karya Sumadi.

7 Rute yang Dialihkan dari Bandung ke Bandara Ketajati

Ada 7 rute yang dialihkan dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati. Yakni tujuan Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), Batam (BTH).

Baca Juga:Bojan Puas Persib Menang atas Madura United, tapi akan Ada Perbaikan di Laga BerikutnyaHarga BBM Turun, Ini Daftar Harga Mulai November 2023 di Seluruh Indonesia

Kemudian Denpasar (DPS), Makassar (UPG), Medan (KNO), serta Palembang (PLM). Ketujuh rute tersebut dilayani pesawat jet maskapai Citilink, AirAsia, serta Super Air Jet.

Sementara itu, rute penerbangan berjadwal luar negeri tujuan Kuala Lumpur, Malaysia telah beroperasi sejak pertengahan Mei 2023, serta penerbangan umroh dan haji.

0 Komentar