Kepada 118 Lembaga Halal dari 41 Negara, Ma’ruf Amin Dorong Penerapan Standar Halal Global

ma'ruf amin
Wapres Ma’ruf Amin saat hadir membuka forum H20-Halal World 2023 yang berlangsung di Jakarta mulai 17-21 November 2023/Kemenag.
0 Komentar

BERITA86.COM- Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, mendorong penerapan standar halal global yang berlaku pada semua negara di seluruh dunia.

Penerapan standar halal global yang berlaku pada semua negara di seluruh dunia itu disampaikan Wapres Ma’ruf Amin di hadapan perwakilan 118 lembaga halal dari 41 negara yang hadir pada H20-Halal World 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Ma’ruf Amin mengatakan standar halal global penting untuk dimiliki supaya memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk dapat mengakses produk halal.

Baca Juga:Letjen Arif Rahman Resmi Menjadi Wakil KSADDari Irak ke Filipina, Timnas Indonesia Wajib Menang

“Saya mengajak kita semua meningkatkan komitmen dalam rangka menghadirkan kemudahan tersebut,” kata Ma’ruf Amin.

“Salah satu hal yang mesti diupayakan bersama yaitu mewujudkan keberterimaan standar halal global. Ini yang penting,” sambung Wapres Ma’ruf Amin, Jumat malam (17/11/2023).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal M. Aqil Irham, perwakilan Duta Besar sahabat.

Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa forum H20-Halal World 2023 menjadi tempat yang strategis untuk mewujudkan standar halal global.

Lebih lanjut Wapres mengungkapkan, penerapan standar halal global juga dapat menjadi langkah memperkuat hubungan perdagangan antarnegara.

“Penerapan standar halal global, semestinya tidak dipandang sebagai hambatan teknis dalam perdagangan antarnegara. Tapi justru semakin memperlancar arus perdagangan untuk produk halal ke seluruh dunia,” terangnya.

Sebaliknya, menurut Wapres, bila tidak ada standar yang sama maka akan membatasi kerjasama perdagangan yang bisa dibangun.

Baca Juga:Warga Jabar Menaruh Harapan Besar pada Capres Ganjar, Titip Bangun KebudayaanMengenal Pesawat EMB 314 Super Tucano yang Alami Kecelakaan di Pasuruan

“Sebab kalau halalnya tidak standar (hanya berlaku di negaranya sendiri), masing-masing tidak mau menerima karena tidak sesuai standar negaranya,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Karenanya, ia berpandangan saling pengakuan dan saling berketerimaan standar halal menjadi sangat penting untuk disepakati bersama untuk mendukung kelancaran lalu lintas perdagangan produk halal antarnegara.

Wapres menyampaikan ada berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk memperkuat industri halal. Salah satunya, dengan menjadikan produk halal sebagai komunitas utama global.

Untuk itu, menurut Wapres, perlu penguatan kerja sama perdagangan antarnegara. Terutama dengan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) sehingga akan meningkatkan kerja ekspor produk halal masing-masing negara.

0 Komentar