Sudah Dimulai, Pasangan Amin Jalani Tes Kesehatan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta

anies-muhaimin
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Amin menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Sabtu 21 Oktober 2023. Foto: @cakiminow.
0 Komentar

BERITA86.COM- Setelah mendaftar ke KPU pada Kamis 19 Oktober 2023, kini pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Amin menjalani tes kesehatan.

Tes kesehatan dipusatkan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta. Pasangan capres dan cawapres untuk Pilpres 2024, Amin, mendapat jadwal pertama pada hari ini, Sabtu 21 Oktober 2023.

Kepala RSPAD Gatot Subroto, Letjen Budi Sulistya mengatakan pasangan Amin mulai menjalani tes kesehatan pada pukul 07.00.

Baca Juga:Sudah Ditentukan, Ketua KPK Firli Bahuri Harus Menghadap Penyidik Polda Metro Jaya 24 Oktober 2023PDIP Tugaskan Gibran Jadi Jurkamnas Ganjar-Mahfud MD, Simak Penjelasan Hasto

Proses tes kesehatan itu didampingi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Medical Check Up (MCU). “Kami mengikuti regulasi dan ketentuan dari KPU,” kata Letjen Budi Sulistya.

“Pada prinsipnya kami akan menyelenggarakan pemeriksaan dengan prinsip profesionalisme, imparsialitas, independensi, dan juga dipercaya. Tiga hal yang kami tekankan dalam hal ini,” sambung Letjen Budi Sulistya.

Mengenai pemeriksaan tes Kesehatan, kata Budi, meliputi tes fisik dan Rohani, serta pemeriksaan bebas narkoba. “Toolsnya ada beberapa. Kaitannya juga melibatkan kolegium dalam hal ini supaya betul-betul pemeriksaan ini profesional, independen, dan dipercaya,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menjelaskan bahwa tes kesehatan bagi para bakal pasangan capres dan cawapres dimulai dari pengambilan urine dan darah.

Ia mengatakan tes kesehatan dimulai dari pagi karena prosedurnya panjang. “Makanya harus dari pagi,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari pada kesempatan Kamis lalu (19/10/2023).

Bakal pasangan calon diharuskan berpuasa, atau lebih tepatnya puasa makan. Sedangkan minum, masih diperbolehkan.

“Kalau misalkan pemeriksaannya jam sekian, berarti mulai puasanya jam sekian, itu sudah diperhitungkan dengan tim pemeriksa di RSPAD,” beber Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

Baca Juga:Ahok: Ganjar-Mahfud Paket Lengkap, Berani Sikat Pejabat yang KorupGibran Disebut Jadi Cawapres, Ahok: Jadi Walikota Saja Baru 2 atau 3 Tahun, Dia Belum Teruji

Para bakal capres dan cawapres juga tak hanya tes kesehatan jasmani, tapi beberapa instrumen tes psikologi juga bakal diuji.

“Jadi, tes sehat jasmani dan rohani. Nanti tim dokter yang menentukan sesuai kriteria atau tidak. Termasuk diulang atau tidak bagi pasangan calon yang tidak memenuhi kriteria,” terang Hasyim.

Sementara soal pemeriksaan bebas narkoba, Anggota KPU Idham Holik mengatakan bahwa pihaknya, dalam hal ini KPU RI, bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional.

0 Komentar